Ini Ciri Ban Mobil Harus Segera Diganti!

Sedang buru-buru menuju ke sebuah acara penting tapi justru terlambat karena mobil mogok atau ban pecah? Yup, kedua masalah tersebut terkadang memang datang di saat yang tidak tepat. Tapi bukannya tidak bisa dihindari, Anda bisa menggunakan oli mobil terbaik agar mesin dapat bekerja secara optimal dan tidak gampang mogok. Sebab, manfaat oli untuk mesin kendaraan sangatlah penting dan memengaruhi sistem kerja mesin. Selain itu, Anda bisa memeriksa ban secara rutin sebelum berkendara untuk meminimalisir risiko ban pecah. Jika ban mobil sudah mengalami ciri-ciri seperti ini, tandanya Anda harus segera menggantinya demi kenyamanan dan keselamatan Anda selama berkendara.

Ban harus segera diganti

Ban harus segera diganti

  • Memerhatikan Indikator TWI

TWI adalah singkatan dari Tread Wear Indicator yang bisa menjadi tolak ukur apakah ban mobil Anda sudah perlu diganti atau belum. Jika kembang ban sudah menyentuh segitiga TWI, maka tandanya ban mobil sudah harus diganti.

  • Ban Gundul

Selain dari TWI, Anda juga bisa memerhatikan jika ban gundul atau tidak. Jika Anda menemukan bagian ban yang gundul, tak peduli di tengah, bagian tepi, atau hanya sisi tertentu saja, sebaiknya segera ganti ban tersebut. Biasanya ban gundul disebabkan oleh tekanan udara yang tidak sesuai dengan bobot mobil.

  • Terdapat Benjolan Pada Ban

Benjolan pada ban juga bisa menandakan kalau ban sudah waktunya diganti. Mengapa? Sebab benjolan biasanya merupakan tanda putusnya anyaman benang atau kawat penguat konstruksi ban. Jika hal ini terjadi maka ketahanan ban sudah tidak seimbang dan menjadi mudah pecah karena bagian ban tertentu tidak kuat untuk menahan tekanan udara.

  • Jarak Tempuh Mobil Sudah Mencapai 40.000 km

Kondisi ban juga dapat dipengaruhi oleh jarak tempuh mobil. Jika mobil sudah menempuh jarak sejauh 40.000 km, sebaiknya Anda mengganti ban mobil karena ban yang sudah menempuh jarak sejauh itu biasanya sudah mengalami keausan.

  • Usia Ban Sudah 3 Tahun

Selain jarak tempuh, lama pemakaian juga dapat memengaruhi kondisi ban. Meskipun kondisi ban terlihat baik-baik saja, biasanya ban yang sudah berumur 3 tahun sudah tidak nyaman digunakan karena tidak lagi lentur. Selain tidak nyaman tentunya hal ini bisa meningkatkan risiko ban pecah.

Jadi, jangan lupa untuk memeriksa kondisi ban mobil Anda secara rutin dan menggantinya jika ban mobil sudah menunjukan ciri-ciri di atas. (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *