Chinatown Terbaik di Indonesia yang Wajib Kamu Sambangi

Chinatown atau kawasan pecinan ada hampir di semua tempat di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Karena itu, jika kamu belum berhasil mengikuti paket tour ke China, kamu tak perlu berkecil hati. Kamu masih bisa melakukannya di lain waktu dan menghabiskan liburanmu sekarang dengan mengunjungi beberapa Chinatown di Indonesia yang juga menarik. Penasaran Chinatown di mana saja yang wajib untuk dikunjungi? Check out the list below!

china town singkawang

Chinatown singkawang, foto: ulinulin.om

  • Chinatown Glodok, Jakarta

Bukan hanya terkenal dengan toko-toko yang menjual alat elektronik murah. Glodok juga terkenal dengan Chinatown dan bangunan-bangunan bersejarah di sekelilingnya. Salah satu tempat wisata budaya yang menarik di sini adalah Vihara Dharma Bhakti. Selain sebagai tempat ibadah, Vihara ini juga kerap menjadi objek wisata.

  • Chinatown Singkawang

Beranjak sedikit jauh dari Jakarta, Chinatown yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Chinatown Singkawang. Kota di Kalimantan ini memiliki komunitas Tionghoa terbesar di Indonesia. Jadi suasana seperti sedang ada di negeri China bukan hanya terasa dari arsitektur dan dekorasi kota tapi juga dari banyaknya masyarakat Tionghoa yang ada di sana. Kalau ingin lebih meriah, kamu bisa berkunjung ke sini ketika Tahun Baru Imlek. Akan ada pawai besar dan perayaan meriah di Chinatown ini.

  • Chinatown Surabaya (Kya Kya)

Surabaya juga memiliki Chinatown terkenal yang sering disebut dengan kawasan pecinan Kya Kya. Kawasan ini semakin indah jika dikunjungi saat malam hari. Lampu neon dan pedangan kaki lima berjejeran. Kamu juga wajib mencicipi kuliner yang ada di pecinan tersebut. Selain ada beraneka ragam kuliner, di kawasan ini juga terdapat kelenteng dan bangunan tua yang menjadi cagar budaya.

  • Chinatown Medan (Asia Mega Mas)

Tak lupa juga kamu harus berkunjung ke kawasan Chinatown Medan atau yang sering dikenal dengan nama Asia Mega Mas. Kawasan ini dipenuhi oleh kuliner-kuliner lezat khas China. Bahkan ada juga yang menjual pakaian dan peralatan rumah tangga.

  • Chinatown Semarang

Terakhir, Chinatown yang tak kalah menarik adalah Chinatown di Semarang. Di kawasan pecinan ini terdapat Klenteng Sam Poo Kong yang sangat terkenal di Asia. Dekorasi dan arsitektur Chinatown di Semarang juga sangat fotogenik.

Jadi sebelum berlibur ke negeri China, sebaiknya siapkan rencana liburan keliling Indonesia dan kunjungi beberapa Chinatown di atas ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *