Chemosphere, Rumah Unik Berbentuk UFO

Banyak masyarakat yang memiliki dana berlebih memilih tinggal di luxury resort residence Jakarta. Alasannya, karena lokasi ini akan memberikan kenyamanan dan berbagai hal yang mereka butuhkan. Namun, semewah dan semahal apapun rumah yang tersedia, ternyata belum ada loh developer yang menawarkan rumah dengan model unik, seperti UFO.

Chemosphere

Chemosphere

Yap, rumah berbentuk UFO memang belum tersedia di Indonesia. Namun jika di luar negeri, sudah ada beberapa bangunan yang dibuat dengan bentuk menyerupai kapal yang dipercaya milik makhluk luar angkasa ini. Bahkan, pada tahun 1960 seorang arsitek dari Amerika bernama John Lautner mendesain sebuah rumah berbentuk UFO, unttuk salah seorang kliennya. Kliennya yang bernama Martin Lautner ini, adalah seorang insinyur muda untuk bidang pesawat.

Pada awalnya, John Lautner ini diberikan sebuah lahan berbentuk miring, dan ini merupakan sebuah tantangan baginya. Ada dua opsi yang umumnya dijadikan pilihan dalam situasi ini, yaitu dengan menebang pepohonan dan kemudian meratakannya, atau membuat sebuah rumah yang didasarkan pada kerangka baja terbuka. Namun, ternyata Ia tidak memilih salah satunya, tetapi justru menciptakan sebuah ide yang luar biasa.

Rumah berbentuk UFO

Rumah berbentuk UFO

Rumah berbentuk UFO ini dibangun di atas ketinggian 30 kaki. Dengan cara ini, John Lautner tidak perlu menebang pepohonan yang ada disekitarnya. Bahkan, konstruksi ini justru membuat rumah ini benar-benar seperti UFO yang melayang di udara. Tiang beton yang menjadi pondasi utama rumah ini tidak dimanfaatkan sebagai penyangga atap rumah, karena tiang ini hanya berada pada dasar rumah saja. Meskipun begitu, rumah ini cukup kuat dari ancaman badai dan bencana alam lainnya.

Sementara, bagian dalam rumah terlihat seperti sebuah ruangan yang terbuka, tanpa dibatasi oleh sekat permanen atau sebuah tiang beton untuk pondasi atap. Carport berada diarea dekat tangga, sehingga untuk masuk ke dalam rumah ini tentu kita harus sedikit berjuang, karena hanya ada tangga untuk jalan naik menuju pintu masuk.

Keunikan rumah ini membuatnya terkenal. Bahkan, rumah ini pernah muncul dalam film berjudul Body Double dan Chalie’s Angel. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *