Cara Mudah Hindari Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan merupakan penyakit yang sering menyerang masyarakat ibukota tak peduli tua atau muda. Ya, kesibukan sehari-hari dan tempo kehidupan yang serba cepat di kota membuat masyarakatnya kerap bersinggungan dengan gangguan pencernaan. Tak heran deh jika banyak dari kita yang secara khusus mengonsumsi obat herbal gangguan pencernaan untuk mengatasi masalah ini. Nah, kalau kita termasuk ke dalam salah satu golongan yang mengalami gangguan pencernaan, coba cara mudah untuk menghindarinya berikut ini:

  1. Jangan lupa mengonsumsi serat setiap hari.

Tips Cegah Gangguan PencernaanUntuk mencegah gangguan pencernaan, serat penting untuk dikonsumsi setiap harinya. Serat bisa didapat dari konsumsi sayur, buah, sereal gandum, serta kacang-kacangan. Selain mengonsumsi serat, kita juga harus rajin minum air putih, menghindari makanan cepat saji, makanan berlemak, dan juga makanan yang mengandung gas seperti brokoli, kedelai, atau kol.

  1. Biasakan untuk mengunyah makanan.

Saking sibuknya, terkadang orang sering memilih untuk memangkas waktu makan mereka. Banyak yang makan dengan tergesa-gesa, mengunyah seperlunya, dan lalu menelan makanan begitu saja. Padahal, mengunyah merupakan bagian yang penting dalam proses pencernaan. Mengunyah membantu kita untuk memecah makanan, serta memancing organ tubuh lain untuk mengeluarkan enzim pencernaan. Nah, ketika kita mengurangi aktivitas ini, maka gangguan pencernaan sudah pasti akan terjadi pada kita.

  1. Jangan makan berlebihan.

Masih berhubungan dengan opsi di atas, tubuh kita memiliki enzim pencernaan yang cukup terbatas. Oleh sebab itu, biasakan untuk makan seperlunya dan tidak berlebihan karena tubuh tidak bisa mencerna semua makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ketika kita makan dalam jumlah besar maka lambung harus memproduksi lebih banyak asam untuk mencerna makanan yang nantinya bisa berujung pada gangguan pencernaan.

  1. Rajin olahraga.

Olahraga bisa membantu kita untuk menghindari masalah pencernaan seperti obesitas, rasa sakit di perut, diare, atau bahkan gangguan usus. Olahraga juga membantu kita untuk menjernihkan pikiran sehingga jauh dari kata stress. Seperti yang kalian tahu, salah satu penyebab gangguan pencernaan bisa berasal dari stress. Tubuh merespon stress dengan cara mengurangi aliran darah ke perut dan menurunkan produksi enzim yang akan memperlambat proses pencernaan.

Olahraga juga untuk membantu menjaga tubuh tetap fit, namun selain olahraga bisa juga neh untuk rutin konsumsi ekstrak pasak bumi yang bisa untuk para pria dan juga wanita

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan pencernaan. Semoga membantu dan selamat mencoba, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *