Cara Mudah Atur Keuangan Keluarga

Sebagai kepala keluarga, memastikan semua kebutuhan terpenuhi merupakan tugas Anda. Tak hanya itu, Anda pun bertanggung jawab pada masa depan anak-anak Anda kelak. Pendidikan termasuk ke dalam salah satunya. Semakin berkualitas sekolah yang dituju, tentu biaya yang dikeluarkan semakin besar. Jangan sampai menyesal nantinya, lebih baik siapkan dana pendidikannya sejak awal, yuk. Anda bisa mulai mengatur keuangan keluarga, membeli asuransi santunan untuk pendidikan, atau bahkan membuka tabungan khusus pendidikan.

keuangan keluarga

keuangan keluarga

Lantas bagaimana cara mengatur keuangan keluarga? Coba simak tips berikut ini:

  1. Kenali seluruh aspek keuangan keluarga. Aspek keuangan keluarga tak hanya seputar berapa besar pendapatan yang dimiliki setiap bulannya, tetapi juga berapa besar pengeluaran yang harus dibayarkan. Mulai dari tagihan listrik, biaya transportasi, uang belanja, cicilan rumah, dan lain sebagainya. Mengenali seluruh aspek ini membuat Anda lebih paham mengenai kondisi keuangan keluarga, mana biaya yang bisa dipangkas, dan berapa besar sisa uang setiap bulannya. Bahkan urusan keuangan ini bisa mulai didiskusikan sebelum menikah untuk memudahkan proses perencanaan keuangan.
  2. Mulai buat perencanaan. Anda sudah mengenali aspek keuangan keluarga saat ini. Langkah selanjutnya yang bisa dicoba adalah membuat perencanaan keuangan. Lakukan perhitungan mendetail untuk pengeluaran setiap bulan, seberapa besar dana yang ingin ditabung, berapa besar untuk investasi, dan jangan lupa sisihkan dana rekreasi untuk Anda dan keluarga setiap bulannya. Usahakan untuk membuat perencanaan keuangan yang realistis, sesuai budget yang dimiliki, dan tidak terlalu muluk-muluk. Yang penting konsisten untuk menerapkannya setiap bulan!
  3. Usahakan untuk tidak berhutang. Tak bisa disangkal, sistem cicilan dan kartu kredit memang semakin memudahkan kebutuhan Anda. Namun demikian, sadari pula bahwa kemudahan itu membuat Anda konsumtif dan susah mengendalikan diri. Usahakan untuk tidak berhutang dan bayar semuanya dengan tunai, ya. Jika memang terpaksa harus berhutang, jangan lupa atur keuangan dengan baik. Jangan sampai flow perencaan yang sudah disusun menjadi rusak karena hutang ini.
  4. Belajar investasi. Setelah melakukan beberapa hal di atas, maka Anda siap melangkah ke tahap selanjutnya. Untuk memastikan masa depan keluarga, Anda bisa mulai berinvestasi dan menggunakan asuransi. Banyak jenis investasi yang bisa dicoba, mulai dari saham, reksadana, properti, atau bahkan membeli emas. Silakan pilih yang sesuai kebutuhan dan kondisi budget Anda, ya.

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan keluarga. Semoga bermanfaat dan silakan diterapkan, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *