Agar Lebih Awet, Begini Cara Merawat Sepatu yang Benar

Tidak bisa disangkal, sepatu merupakan item wajib yang harus ada di dalam walking closet para wanita bersama dengan koleksi fashion branded wanita lainnya. Bagaimana tidak, sepatu bisa menjadi fashion statement yang powerful untuk menyempurnakan penampilan harian kita. Itulah sebabnya, bagi yang mampu, akan sangat menghindari sepatu kualitas KW karena menggunakan produk palsu bisa memberikan risiko berupa mudah rusak, tidak nyaman digunakan, bahkan bisa membuat kaki cedera. Sementara, sepatu yang tepat bisa membuat penampilan kita terlihat berbeda secara keseluruhan. Oleh sebab itu, tak heran deh jika banyak perempuan yang memiliki koleksi sepatu berpuluh-puluh bahkan beratus-ratus pasang di lemari mereka.

cara merawat sepatu

cara merawat sepatu

Namun demikian, mengingat harga sepasang sepatu tidaklah murah, tentu kita pun harus paham cara merawat yang tepat. Bagaimana caranya? Coba cek dalam artikel berikut ini, ya!

  1. Jangan gunakan setiap hari. Ingatlah bahwa kita memiliki beragam sepatu di lemari dan bukan hanya sepasang saja! Gunakan secara bergilir setiap hari dan berikan kesempatan pada setiap sepatu untuk terkena sinar matahari serta udarah bebas. Hindari mengenakan sepatu yang sama setiap hari karena bisa membuatnya cepat rusak dan berubah bentuk.
  2. Manfaatkan sole protector. Agar tidak licin, lebih awet, dan juga nyaman gunakan, lapisi bagian sol sepatu dengan sole protector. Sekarang ini, pelindung sol banyak dijual di pasaran kok jadi kita bisa lebih mudah membelinya. Jangan lupa untuk mengganti pelindungnya secara rutin, ya.
  3. Lindungi insole sepatu. Teteskan minyak pohon teh atau alkohol pada kapas, lalu oleskan ke lapisan insole sepatu. Hal ini bermanfaat untuk menghilangkan bau tak sedap yang sering tercium dari sepatu serta melindungi permukaannya dari jamur.
  4. Simpan dengan cedar shoetree. Saat sepatu tidak dipakai, simpan dengan menggunakan cedar shoetree agar bentuknya tidak berubah. Atau kalau tidak bisa menemukan cedar shoetree, gunakan sumpalan kertas saja dan masukkan ke dalam sepatu.
  5. Cermati cara menyimpan yang tepat. Penyimpanan sepatu tidak bisa dilakukan begitu saja. Oleh sebab itu, cerdiklah dalam memilih tempat untuk menyimpan sepatu. Usahakan tempat penyimpanan sepatu tersebut tidak terkena sinar matahari langsung, udaranya tidak lembap, dan pastikan untuk menyimpan sepatu di dalam boks. Jangan lupa juga untuk menyelipkan silica gel di dalamnya.

Itu dia beberapa cara merawat agar sepatu lebih awet. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *