Cara Merawat Buku Agar Tetap Seperti Baru

Seiring dengan berkembangnya teknologi sekarang ini, keberadaan buku semakin tergantikan dengan gadget canggih yang dapat menampung berbagai bacaan seperti koran, novel, bahkan kitab suci sekalipun. E-book memang cenderung lebih praktis untuk dibaca dimanapun dan kapanpun. Bayangkan, novel Harry Potter yang terdiri dari ribuan halaman dapat anda bawa dengan ringan hanya dalam genggaman smartphone atau gadget anda. Penyimpanan e-book juga sangat mudah dan tidak memakan tempat seperti buku hardcopy. Anda hanya perlu menyimpan file pada gadget anda atau menyimpannya dengan menggunakan cloud service Indonesia.

Akan tetapi, bagi para kutu buku pastinya membaca e-book tidak memberikan kepuasan sama dibanding dengan membaca buku dalam bentuk aslinya. Selain itu, tidak semua buku memiliki versi e-book. Jadi kondisi fisik buku yang asli merupakan aset yang masih perlu dijaga demi menyimpan informasi yang kita perlukan. Berikut ini tips yang perlu anda ikuti agar buku tetap awet terjaga.

Merawat buku

Merawat buku

  1. Pasang Sampul

Menyampul buku merupakan hal yang sudah wajar dilakukan oleh para pencinta buku. Hal ini dilakukan agar buku terhindar dari sesuatu yang merusak seperti air misalnya. Buku yang disampul juga tidak mudah tertekuk dan rusak. Pilihlah sampul buku transparan agar cover asli buku tetap terlihat.

  1. Dibersihkan Secara Rutin

Debu diantara rak atau lemari buku terkadang memangĀ  tidak dapat dihindari. Bahkan buku yang telah disampul sekalipun tidak mesti terhindar dari debu. Oleh karena itu bersihkanlah koleksi buku anda dengan kemoceng atau lap seminggu dua kali.

  1. Hindari Rayap

Buku terbuat dari kertas yang berbahan dasar kayu sehingga tak heran jika anda seringkali menemukan rayap disekitar buku yang sudah lapuk. Tentunya akan sangat menyeramkan jika buku favorit anda digerogoti segerombolan rayap. Beberapa cara untuk mencegah rayap adalah dengan menaruh kapur barus atau bubuk cengkeh di sekitar buku anda.

  1. Letakkan di Tempat Aman

Tempat penyimpanan buku haruslah diperhatikan. Baiknya buku disimpan di dalam ruangan yang tidak memiliki kelembaban tinggi namun juga tidak terlalu terpapar cahaya matahari. Kelembaban akan membuat kertas buku mudah lapuk sedangkan cahaya matahari yang terlalu kuat akan mengikis tinta tulisan di buku.

Mulai dari sekarang, ikutilah tips-tips di atas agar buku Anda tetap awet terjaga. Selamat membaca! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *