Ini Cara Meningkatkan Kualitas Hasil Cetak Printer

Sekarang ini printer menjadi salah satu alat elektronik wajib yang ada di rumah. Tidak hanya untuk kamu yang memiliki komputer atau laptop saja, tetapi juga untuk kamu yang suka mencetak sendiri hasil foto dari ponsel. Sebab, dengan adanya wireless printer membuat alat ini bisa digunakan tanpa harus dikoneksikan ke komputer. Kamu bisa langsung mengoneksikan ponsel pintarmu pada printer di rumah melalui jaringan internet atau bluetooth. Sangat praktis sekali bukan?

meningkatkan kualitas hasil print

meningkatkan kualitas hasil print

Namun terkadang kita merasa kesal ketika hasil cetak tidak sebagus yang diinginkan. Apalagi untuk mencetak sebuah gambar, kualitas sangat penting sekali, kan? Nah, jika saat ini kamu sedang mengalami masalah ini tidak perlu khawatir, ada cara sederhana yang bisa dilakukan yaitu:

  • Bersihkan printer

Kapan terakhir kali kamu membersihkan printer? Jika kamu merasa sudah lama, bisa jadi kualitas cetak yang kurang bagus ini karena printermu kotor. Cobalah untuk membersihkan seluruh bagiannya. Namun berhati-hatilah terutama saat membersihkan bagian sela-selanya dan juga bagian tempat meletakkan catridge.

  • Isi ulang tinta

Hasil cetak yang kurang bagus bisa terjadi saat tinta printer sudah hampir habis. Cobalah untuk isi ulang catridge dan kemudian lakukan proses cetak kembali. Jangan lupa untuk mengisi catridge hanya menggunakan tinta yang original.

  • Head cleaning

Ketika ada sumbatan pada bagian catridge terutama pada bagian head juga bisa membuat kualitas hasil cetak menjadi tidak sempurna. Lakukan head cleaning pada printer. Hal ini akan membantu untuk membersihkan sumbatan yang ada pada catridge.

  • Gunakan kertas foto

Kualitas kertas juga bisa memengaruhi hasil dari cetak, terutama untuk proses cetak foto. Saat kamu menggunakan kertas HVS biasa, maka sudah pasti hasilnya akan kurang bagus. Tidak hanya itu, kertas juga akan terasa lembap.

  • Ubah pengaturan

Periksa pengaturan saat akan mencetak, pastikan sudah berada pada status high resolution. Sementara itu, jika kamu berencana mencetak hanya warna hitam semua dan membutuhkan warna yang tajam, bisa memilih black ink only.

Dengan melakukan semua hal di atas, semoga kamu bisa meningkatkan kualitas hasil cetak printer sesuai dengan yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *