Bagaimana Cara Menilai Bagus Tidaknya Asuransi Kesehatan?

Kini sudah semakin banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi kesehatan yang terdengar menjanjikan. Akan tetapi, jangan mudah tergiur dengan promosi atau rekomendasi orang lain. Sebaiknya, cari tahu sendiri dan nilai mana asuransi kesehatan yang bagus untuk Anda, ketahui setiap jenis asuransi kesehatan dan manfaatnya. Namun, kalau masih bingung bagaimana menilai bagus tidaknya sebuah asuransi kesehatan, coba simak beberapa poin yang perlu dipertimbangkan di bawah ini:

Memilih asuransi kesehatan

Memilih asuransi kesehatan

  • Proses klaim yang mudah

Asuransi kesehatan yang bagus pasti menyediakan proses klaim yang mudah. Misalnya saja, dengan sistem cashless. Dengan sistem ini, pihak tertanggung tidak perlu membayar tunai untuk deposit, sehingga bisa meringankan beban biaya perawatan. Anda cukup membayar tagihan pengobatan dengan menggesek kartu asuransi dan langsung ditanggung oleh pihak asuransi. Coba bayangkan jika pihak asuransi tidak menyediakan sistem cashless? Anda tetap harus menyediakan dana kesehatan dimuka sebelum direimburse oleh pihak asuransi. Jika biayanya besar, tentu hal ini akan memberatkan.

  • Memiliki jaringan rumah sakit rekanan yang luas

Nah, sistem cashless hanya bisa digunakan di rumah sakit atau klinik rekanan yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi. Oleh sebab itu, semakin luas jaringan rumah sakit sebuah perusahaan asuransi, maka akan semakin menguntungkan peserta atau pemegang polis.

  • Mencakup rawat jalan dan rawat inap

Asuransi kesehatan yang bagus pasti akan menanggung biaya pengobatan rawat jalan dan rawat inap. Namun, hendaknya prioritaskan manfaat pertanggungan biaya rawat inap karena biaya yang dikeluarkan jauh lebih besar.

  • Tidak memiliki limit setiap perawatan

Bisanya limit yang diberikan oleh perusahaan asuransi kesehatan ada dua jenis, yakni: limit gabungan semua perawatan dan limit setiap perawatan. Nah, asuransi kesehatan yang hanya menetapkan limit perawatan secara keseluruhan dan tidak memiliki limit pada setiap perawatan tentunya akan lebih membuat pemegang polis lebih fleksibel berobat.

  • Masa tunggu penyakit yang tidak terlalu lama

Kemudian, yang tidak kalah penting dinilai pada asuransi kesehatan terbaik adalah masa tunggu penyakit. Setiap perusahaan asuransi biasanya memiliki masa tunggu penyakit yang berbeda-beda untuk beberapa jenis penyakit tertentu. Semakin cepat masa tunggu penyakit, maka semakin cepat juga pemegang polis bisa mengajukan klaim.

Itulah beberapa karakter yang bisa membuat asuransi kesehatan dikatakan bagus. Semoga dengan penjelasan ini Anda bisa menemukan produk asuransi kesehatan yang paling sesuai ya! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *