Cara Mengobati Perut Kembung dan Nyeri Ulu Hati

Tidak jarang Anda merasakan perut kembung dan nyeri pada ulu hati. Keluhan ini memang bisa disebabkan oleh banyak hal, namun untuk kasus yang paling sering adalah penyakit lambung. Peningkatan asam lambung bisa meyebabkan nyeri pada ulu hati, sesak nafas, dan juga perut yang terasa kembung. Biasanya, untuk mengatasinya, Anda mungkin mengonsumsi obat maag. Akan tetapi, sebenarnya ada cara sederhana yang bisa Anda coba, lho. Ini dia beberapa di antaranya:

mengobati perut kembung dan nyeri ulu hati

mengobati perut kembung dan nyeri ulu hati

  1. Jangan mengonsumsi makanan pedas, terlalu asam, dan yang mengandung gas seperti kol, sawi, dan minuman bersoda. Untuk Anda yang suka makan nasi padang, pempek, bakso dengan sambal, dan sejenisnya, sebaiknya dikurangi dulu, ya.
  2. Kurangi konsumsi kopi dan teh. Sebagian besar dari Anda mungkin mengalami ketergantungan dengan kopi atau teh sehingga harus mengonsumsinya setiap hari. Nah, jika setiap hari Anda minum dua cangkir kopi, mulai sekarang coba biasakan untuk membatasinya menjadi satu cangkir perhari.
  3. Makan sedikit, tapi sering. Hayo, siapa nih yang lebih memilih makan banyak namun jarang? Kebiasaan ini justru salah, lho. Sebab makan dengan porsi sedikit namun sering ternyata lebih baik untuk menghilangkan mual dan nyeri di lambung. Jadi, mulai kebiasaan ini, yuk!
  4. Makan tepat waktu. Kadang saking sibuknya, Anda mungkin seringkali melewatkan waktu makan. Kebiasaan ini bisa memperparah kondisi maag Anda sehingga harus dihentikan secepat mungkin. Bawalah bekal dari rumah agar Anda bisa makan tepat waktu meski sedang sibuk-sibuknya.
  5. Konsumsi makanan sehat. Pastikan menu makanan Anda mengandung nutrisi yang cukup sebagai sumber energi untuk beraktivitas seharian. Jangan lupa juga makan buah agar kebutuhan serat tetap terpenuhi. Mengonsumsi makanan ini wajib untuk meredakan perut kembung akibat sakit maag sedang kambuh.
  6. Berhenti makan junk food dan fast food. Tidak bisa disangkal, makanan olahan dan siap saji kerap menjadi godaan bagi Anda. Sebutlah fried chicken, sosis, chicken nugget, atau bahkan french fries. Hentikan kebiasaan ini dan ganti dengan makanan yang lebih sehat, ya.

Dengan mencoba beberapa hal di atas, diharapkan rasa kembung dan nyeri di ulu hati Anda bisa berkurang. Jika tidak ada perubahan, sebaiknya langsung konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut, ya. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *