Cara Menghilangkan Bau dan Asap Makanan yang Mengganggu Setelah Masak

Tidak peduli di mana pun kamu tinggal, entah itu di apartemen murah atau di rumah, memasak merupakan kegiatan yang umum dilakukan setidaknya beberapa kali dalam satu minggu. Bahkan ada juga yang memiliki hobi memasak sehingga melakukan kegiatan ini setiap hari atau bahkan bisa lebih dari satu kali dalam satu hari.

cara menghilangkan bau masakan

cara menghilangkan bau masakan

Namun, terkadang bau masakan yang dihasilkan dapat memenuhi seisi ruangan sehingga dapat membuat penghuni lainnya tidak nyaman. Apalagi jika bau masakannya sangat menyengat dan dapat membuat yang menghirupnya batuk-batuk ataupun bersin. Bahkan, tak jarang bau masakan ini tetap tertinggal meskipun kamu sudah selesai makan. Menyebalkan, bukan? Oleh sebab itu, ini dia beberapa tipsnya untuk mengatasi bau masakan yang mengganggu.

  1. Tutup pintu kamar dan lemari

Sebelum memasak makanan yang sekiranya akan mengeluarkan bau menyengat, pastikan untuk menutup pintu kamar dan juga lemari pakaian. Hal ini dikarenakan kain dapat dengan mudah menyerap asap, sehingga sangat disarankan untuk menjaga pakaian dan juga sprei atau selimut kamar agar tidak terkontaminasi asap masakan.

  1. Menggunakan kipas angin

Kipas angin dipercaya sangat ampuh untuk memecah asap dan bau yang menyengat sehingga tidak terlalu menusuk hidung. Maka dari itu, kamu dapat menggunakan kipas angin yang menyala untuk mempercepat hilangnya asap dan bau di udara setelah memecahkannya.

  1. Buka saluran udara atau ventilasi

Saat memasak, alangkah baiknya untuk membuka jendela dan ventilasi agar asap dan bau dari makanan dapat langsung mengalir ke luar ruangan. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menggunakan penyaring asap atau exhaust kompor yang terpasang langsung di atas kompor sehingga asap yang dihasilkan oleh masakan dapat langsung tersedot oleh alat tersebut.

  1. Rebus rempah favorit

Setelah memasak, untuk menetralkan bau yang menyengat dari masakan yang sebelumnya dimasak, kamu dapat merebus rempah-rempah yang menghasilkan bau yang sedap. Rempah-rempah yang dimaksud adalah jahe, daun jeruk atau kayu manis. Uap air dari rebusan rempah-rempahan ini dapat menyeimbangkan bau asap makanan yang mengganggu dan juga dapat menjadi pengharum ruangan alami.

Demikianlah tips-tips yang dapat diterapkan oleh kamu saat menghilangkan bau masakan yang menyengat dan mengganggu. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *