Begini Cara Menggoreng Makanan Agar Tetap Rendah Kolesterol

Ada berbagai cara menurunkan kolesterol tinggi yang bisa kamu coba seperti menjaga pola makan dan juga olahraga secara teratur. Menjaga pola makan bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan-makanan yang bebas kolesterol dan juga menyehatkan. Nah, untuk kamu yang suka makan, tentu makanan yang diolah dengan cara digoreng merupakan sesuatu yang dihindari. Sebab bukan rahasia lagi kalau gorengan mengandung kolesterol yang tinggi.

Menggoreng makanan rendah kolesterol

Menggoreng makanan rendah kolesterol

Hanya saja, sebenarnya ada cara yang bisa dicoba untuk membuat makanan yang digoreng tetap rendah kolesterol. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Selalu gunakan minyak yang bersih. Untuk menggoreng apa pun, biasakan untuk menggunakan minyak yang baru dan juga bersih. Hindari menggunakan minyak yang sudah berwarna kecokelatan atau keruh. Sebab minyak yang seperti ini biasanya mengandung banyak kolesterol dan tidak sehat. Minyak yang bersih berarti mengandung kolesterol rendah dan memiliki kualitas yang masih tinggi sehingga membuat makanan yang digoreng tetap terjaga kualitasnya.
  2. Menggoreng dengan minyak panas. Trik lain yang bisa kamu lakukan adalah menggoreng dengan kondisi minyak yang masih panas. Hal ini dilakukan agar makanan yang digoreng tidak menyerap banyak minyak. Jadi, tunggu sampai minyak sudah mulai panas, lalu masukkan makanan ke dalamnya, ya. Hindari pula menggunakan api yang terlau besar karena bisa cepat gosong. Setelah digoreng, tiriskan sampai minyaknya benar-benar turun.
  3. Sesekali ganti dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Jika selama ini kamu selalu menggoreng dengan minyak goreng, sesekali cobalah untuk menggantinya dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Memang sih, minyak zaitun tidak bisa digunakan untuk menggoreng dalam suhu yang tinggi. Namun demikian, untuk menumis atau memasak yang tidak membutuhkan banyak minyak, minyak zaitun bisa digunakan karena lebih sehat dan rendah kolesterol.
  4. Serap minyak dengan kertas atau tisu. Setelah diangkat dan ditiriskan, bukan berarti minyaknya benar-benar telah hilang, lho. Untuk itu, serap minyak yang tersisa dengan menggunakan kertas minyak atau tisu. Dengan cara ini, minyak pun akan terserap pada kertas atau tisu sehingga kamu bisa memakan makanan yang digoreng tanpa harus mengonsumsi minyak berlebih.

Gimana, ternyata mudah bukan caranya? Hanya saja, selalu ingat bahwa meskipun cara ini membuat makanan yang digoreng lebih sehat dan mengandung kolesterol rendah, bukan berarti kamu bisa makan gorengan setiap hari. Batasi pula konsumsi hariannya dan tingkatkan makanan sehat, serta terapkan cara masak yang tepat agar rencah kolesterol. Imbangi dengan olahaga dan aktivitas fisik yang cukup, niscaya kolesterolmu pun bisa dikontrol. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *