Begini Cara Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan

Tak sedikit pekerja yang mengalami kesulitan untuk menghadapi kenyataan setelah liburan. Fakta bahwa Anda harus kembali bekerja setelah sebelumnya menghabiskan waktu dengan berkeliling kota di negara tujuan sudah cukup untuk mematahkan semangat bekerja Anda. Dan tiba-tiba saja, Anda rindu dengan segala hal yang mengingatkan Anda dengan momen traveling. Bahkan hal-hal kecil seperti mencari tiket pesawat, mengurus asuransi perjalanan ke Eropa, hingga menyusun itinerary membuat Anda kangen setengah mati. Rasanya seperti Anda ingin segera mengurus trip ke destinasi berikutnya.

semangat bekerja kembali setelah liburan

semangat bekerja kembali setelah liburan

Lantas, bagaimana caranya agar Anda bisa kembali bersemangat setelah liburan? Beberapa hal berikut ini patut dicoba:

  1. Ubah layout meja kerja. Di hari pertama setelah cuti liburan cobalah untuk mengubah penataan meja kerja Anda. Hal ini dimaksudkan untuk menghadirkan suasana baru pada kubikel Anda. Diharapkan aura positif dari perubahan ini akan membuat Anda semangat bekerja. Misalnya, jika selama ini Anda tak pernah menyimpan vas bunga, sekarang cobalah untuk membeli bunga segar kesukaan Anda dan simpan di vas bunga kecil. Atau bisa juga dengan memindahkan benda-benda di atas meja ke sisi lainnya.
  2. Mulailah dengan membuat to do list. Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan seringkali membuat Anda kewalahan dan susah fokus karena bingung harus memulai dari mana. Nah, memulai hari, buatlah daftar pekerjaan yang harus diselesaikan pada hari itu. Hal ini akan membantu Anda untuk melihat berapa banyak pekerjaan yang harus selesai, tingkat urgensinya, dan mana yang sebaiknya didahulukan. Dengan demikian, Anda bisa fokus mengerjakan satu pekerjaan dalam satu waktu.
  3. Putar musik. Buatlah playlist yang berisi lagu-lagu favorit untuk meningkatkan mood bekerja Anda. Penelitian membuktikan bahwa mendengarkan musik bisa membawa aura positif dan membuat pendengarnya menjadi lebih bersemangat. Nah, Anda bisa mencoba trik ini agar post-travel blues yang dialami bisa sedikit terobati.
  4. Pulang tepat waktu. Biasanya, setelah cuti pekerjaan kantor akan menumpuk. Nah, alih-alih lembur di kantor, lebih baik Anda pulang tepat waktu ketika jam kerja berakhir. Gunakan waktu tersebut untuk istirahat di rumah agar Anda bisa lebih semangat keesokan harinya.

Dengan melakukan empat hal di atas, diharapkan Anda bisa lebih bersemangat menjalani aktivitas bekerja setelah liburan. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *