Cara Mengatasi Pipa PVC yang Bocor

Kebocoran merupakan salah satu masalah yang sering ditemui pada Pipa PVC. Penyebabnya bisa beragam hal, misalnya saja sambungannya yang tidak benar atau pipa yang berlubang, karena memiliki kualitas yang rendah. Hal ini sebenarnya bisa saja dihindari asal kita tahu cara mencegah kebocoran pipa PVC dan mempraktekannya dengan benar. Apalagi untuk pipa yang digunakan pada saluran pembuangan seperti septic tank, mengetahui cara mencegah kebocoran adalah hal yang sangat penting. Kecuali untuk bangunan seperti Burj Khalifa yang tidak memiliki septic tank.

Namun, bila kebocoran sudah terlanjur terjadi, jangan keburu panik dulu. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pipa PVC yang bocor di rumah:

mengatasi pipa pvc yang bocor

mengatasi pipa pvc yang bocor

Cari tahu letak kebocoran

Salah satu tanda bocornya pipa PVC adalah tetesan atau rembesan pada sepanjang pipa atau pada dinding dan lantai bila pipa ditanam di dalamnya. Namun, bukan berarti titik tersebut merupakan sumber dari kebocoran, karena air bisa saja mengalir terlebih dahulu sepanjang pipa sebelum kemudian menetes atau menggenang dan merembes. Nah, untuk mengetahui secara jelas sumber atau titik kebocoran, langkah yang harus dilakukan adalah membersihkan bagian pipa yang dicurigai sebagai sumber kebocoran dengan lap kering, kemudian perhatikan dengan seksama untuk memastikan sumber kebocoran.

Namun, untuk pipa yang ditanam maka yang harus dilakukan adalah membongkar terlebih dahulu area dinding atau lantai yang dicurigai sebagai tempat sumber pipa yang bocor. Dalam melakukan pembongkaran ini, sebaiknya lakukan dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan lebih luas pada pipa.

Penggantian pipa atau sambungan?

Sebelum mengganti pipa yang rusak, pastikan dulu apakah kebocoran terjadi pada pipa saja atau pada sambungannya. Ini karena beda bagian yang bocor berbeda juga cara mengatasinya.

Mengatasi kebocoran pada sambungan pipa

Bila kebocoran terjadi pada sambungan pipa, maka yang harus dilakukan adalah mengganti sambungan pipa yang rusak dengan sambungan yang baru. Pada saat penggantian sambungan, lapisilah bagian sambungan dengan sealtape agar sambungan lebih rapat sekaligus menghindari terjadi kebocoran pipa dikemudian hari.

Mengatasi kebocoran pada badan pipa

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebocoran yang terjadi pada badan pipa, yakni dengan menambalnya atau mengganti pipa secara keseluruhan. Penambanalan dilakukan bila kerusakan yang terjadi masih dalam skala kecil sepert lubang atau retakan kecil. Caranya adalah dengan memotong pipa yang digunakan untuk menambal membentuk huruf U, pastikan ukurannya lebih besar sehingga dapat menutupi area yang bocor. Oleskan lem khusus untuk pipa PVC pada kedua pipa, kemudian tempel dan tahan hingga pipa benar-benar mengering.

Sementara penggantian pipa dilakukan ketika bagian yang bocor ternyata cukup besar dan tidak bisa lagi dilakukan penambalan. Caranya adalah dengan memotong area pipa yang bocor tadi, sebaiknya lebihkan area pemotongan sekitar 1 sampai 2 inci untuk menghindari adanya kebocoran kecil disekitar sumber bocor tadi. Pastikan pipa sudah benar-benar kering dari sisa air. Kemudian sambung dengan pipa baru yang berukuran sama dengan menggunakan lem PVC atau drat.

Setelah semua langkah mengatasi pipa pvc yang bocor tadi dilakukan, pastikan kebocoran sudah benar-benar teratasi dengan menghidupkan keran air untuk melihat apakah masih ada rembesan dari bagian yang bocor tersebut. (Raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *