Cara Membersihkan Sepatu dengan Benar

Beda jenis sepatu, tentu berbeda pula perawatannya. Untuk itu, kamu harus mengetahui bagaimana cara merawat sepatu agak tetap bersih, awet, dan tidak mudah bau. Membawa sepatu ke tempat shoe cleaning profesional mungkin bisa dijadikan pilihan, namun untuk kamu yang ingin berhemat dan membersihkan sepatu di rumah, cara di bawah ini bisa dicoba!

cara membersihkan sepatu

cara membersihkan sepatu

Sepatu kulit

Untuk membersihkan noda pada sepatu pantofel atau boots yang berbahan kulit, lap bersih saja tak akan cukup untuk menghilangkan nodanya. Kamu bisa menggunakan lap yang sudah dicelup ke dalam pembersih DIY, lalu menyikatnya dengan perlahan untuk membersihkannya. Caranya adalah dengan mencampurkan air hangat dan sabun pencuci piring, lalu celupkan lap bersih ke dalam larutan ini. Sikat noda pada sepatu kulit dengan perlahan, kemudian gunakan lap kering untuk membersihkan sisa sabunnya. Jika sudah, angin-anginkan sepatu agar kering sepenuhnya untuk menghindari tumbuhnya jamur. Kalau noda masih membandel dan tak juga hilang, kamu juga bisa memasukkan baking soda ke dalam larutan pembersih.

Sepatu kanvas atau sneakers

Nah, untuk kamu para pecinta sepatu kanvas dan sneakers, proses pembersihannya juga cukup tricky, nih. Sepatu berbahan kanvas memang sangat nyaman digunakan, namun jika sudah kotor, akan sulit sekali membersihkannya. Oleh sebab itu, disarankan untuk langsung membersihkan kotoran sesaat setelah noda itu muncul dan jangan ditunda-tunda. Hindari juga merendam sepatu dalam air sabun karena bisa membuat warna sepatu luntur.

Agar kamu bisa membersihkan sepatu sendiri di rumah, ikuti langkah-langkah berikut ini, ya:

  • Keluarkan semua pasir dan kotoran yang ada di dalam sepatu dengan menggunakan sikat sepatu.
  • Buat larutan DIY untuk membersihkan sepatu yang terbuat dari air dan sabun.
  • Siapkan sikat gigi untuk menggosok sepatu.
  • Jika bagian kanvas sepatu kotor, cobalah untuk membersihkan dengan lap basah terlebih dahulu. Jika noda tak juga hilang, sikat dengan menggunakan larutan DIY. Jangan lupa untuk membilas sepatu sampai bersih hingga tak ada bekas sabun yang tersisa.
  • Untuk membersihkan area sol sepatu, kamu bisa mengoleskan pasta gigi di bagian yang kotor lalu sikat dengan menggunakan sikat gigi.

Nah, ternyata membersihkan sepatu cukup mudah ya jika tahu caranya! Silakan diterapkan dan semoga membantu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *