Cara Luluran yang Benar di Rumah

Luluran merupakan salah satu cara untuk menjaga kulit tubuh tetap halus, sehat, dan lembut.  Cara ini banyak dipilih para wanita di Indonesia karena prosesnya yang tidak ribet. Apalagi selain di salon, luluran juga bisa dilakukan sendiri di rumah, entah dengan produk lulur seperti lulur Putri Purbasari atau menggunakan lulur buatan sendiri, manapun itu sama manfaatnya.

Tapi, sebelum mulai melakukan lulur di rumah, ada hal penting yang perlu diketahui, yakni jenis lulur yang digunakan, apakah lulur basah atau kering. Lulur basah berarti digunakan pada saat tubuh dalam keadaan basah, biasanya bersamaan saat mandi. Sebaliknya, lulur kering, seperti namanya, berarti digunakan pada saat tubuh kering. Nah, setelah mengetahui jenis lulur yang akan digunakan, langkah selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara luluran yang baik dan benar di rumah. Ini penting agar manfaat dari lulur bisa didapatkan secara maksimal.

Berikut cara luluran yang benar sesuai jenisnya:

Cara luluran yang benar

Cara luluran yang benar

Lulur Kering

Karena digunakan pada saat tubuh kering, maka lulur jenis ini biasanya berbentuk lebih cari dibandingkan lulur basah. Bentuknya bisa berupa bubuk yang harus dicairkan terlebih dulu atau berupa cair yang harus dikocok sebelum digunakan.

Bersihkan tubuh terlebih dahulu sebelum menggunakan lulur. Ini agar semua kotoran yang menempel di tubuh hilang seluruhnya dan tidak tertinggal, sehingga lebih memudahkan kandungan lulur menyerap dalam tubuh. Agar lebih sempurna dalam membersihkan kotoran, sebaiknya mandilah dengan menggunakan sabun antiseptik.

Keringkan badan dengan menggunakan handuk bersih dan lembut. Hindari menggunakan handuk yang terlalu kering dan kasar untuk menghindari terjadi lecet pada kulit. Perlu diingat, meski dikatakan kering, namun usahakan tubuh masih dalam keadaan sedikit lembab untuk memudahkan penggunaan lulur nanti.

Aplikasikan lulur secara merata ke seluruh tubuh, terutama pada bagian lekukan tubuh yang biasanya lebih berwarna gelap seperti lipatan ketiak dan siku. Setelah rata gosok atau pijat bagian tubuh hingga lulur berjatuhan bersama daki. Ingat, jangan menggosok atau memijat terlalu kuat untuk menghindari kulit lecet atau terkelupas.

Diamkan lulur selama beberapa menit agar kandungannya menyerap sempurna ke dalam kulit.

Bersihkan lulur dengan menggunakan air hangat hingga benar-benar bersih dan tidak ada yang menempel. Setelah itu keringkan tubuh.

Lulur Basah

Produk lulur yang termasuk dalam jenis ini misalnya saja lulur mandi Putri Purbasari, yang dengan mudah ditemukan di pasar swalayan. Kemasannya biasanya lebih praktis dibandingkan dengan lulur kering.

Awali lulur dengan mandi seperti biasa, lebih baik bila kamu menggunakan sabun antiseptik agar kotoran dan kuman benar-benar besih dari kulit tubuh.

Keringkan tubuh dengan cara menepuk-nepuk handuk, sehingga tubuh masih sedikit basah.

Aplikasikan lulur secara merata sambil digosok dengan gerakan melingkar atau maju mundur. Kemudian tunggu sampai lulur kering, dan bersihkan sisa-sisa gumpalan lulur.

Setelah itu baru bilas dengan menggunakan air tanpa menggunakan sabun lagi.

Nah, sekarang kamu bisa merasakan kulit yang halus dan sehat dengan mudah menggunakan lulur di rumah! Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, coba lakukan seminggu sekali. Percaya atau tidak, wanita Indonesia bahkan artis-artis terkenal pun melakukan lulur loh. Lakukanlah secara rutin karena bisa saja dengan kulit yang sehat ditambah wajah ayu serta otak yang encer, kamu bisa seperti Ariska Putri Pertiwi, salah satu perempuan Indonesia yang berjaya di Kontes Kecantikan Internasional dengan membawa nama Indonesia. (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *