Cara Mudah Kurangi Bengkak Kaki Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, Ibu pastinya merasakan beberapa perubahan pada tubuh. Mulai dari payudara yang mulai mengeluarkan ASI, bentuk tubuh mulai kembali seperti semula, hingga kaki yang agak membengkak karena bawaan ketika hamil. Memang, saat hamil, Ibu seringkali merasakan bengkak pada kaki. Hal ini disebabkan oleh jantung yang bekerja dua kali lebih cepat pada ibu hamil sehingga menyebabkan penumpukan cairan pada kaki. Nah, selain mengonsumsi susu ibu menyusui agar ASI lancar serta menghindari kesalahan dalam menyusui, Ibu juga harus mengetahui trik cara mudah mengurangi bengkak pada kaki secara mudah. Ini dia caranya:

  1. Redakan bengkak dengan merendam kaki di air hangat. Ketika kaki Ibu terasa bengkak, siapkan air hangat yang telah dicampur garam untuk berendam. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi bengkak di area kaki dengan menyerap kelebihan cairan pada jaringannya. Tidak hanya itu, merendam kaki di air hangat juga membantu Ibu untuk lebih rileks dan melepaskan stress yang kerap menghampiri saat menyusui.
  2. Menempatkan kaki dengan posisi yang lebih tinggi. Ketika duduk atau berbaring, selalu tempatkan kaki pada posisi yang lebih tinggi agar aliran darahnya tidak tersumbat. Ibu bisa mengganjal kaki dengan bantal atau guling agar lebih nyaman.
  3. Memijat kaki. Untuk mengurangi bengkak, Ibu juga bisa melakukan pijat sederhana di area kaki dengan menggunakan minyak kayu putih, minyak lemon, minyak peppermint, dan juga minyak lavender. Pijatan ini bisa membantu Ibu mengurangi kelebihan cairan yang menumpuk di kaki serta memperlancar sirkulasi darah.
  4. Biasakan untuk tidur menghadap ke arah kiri. Percaya atau tidak, tidur miring ke arah kiri bisa membantu Ibu mengurangi tekanan darah yang dibebankan pada pembuluh vena cava dan membantu melancarkan sirkulasi darah. Ibu bisa tidur lebih nyenyak dengan posisi seperti ini. Bengkak pun bisa diatasi.

Itu dia beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi bengkak di kaki, terutama setelah melahirkan. Tidak hanya itu, Ibu juga harus menjaga konsumsi makanan, kebutuhan cairan, aktif bergerak, serta jangan duduk dalam waktu yang cukup lama, ya. Semoga membantu, Bu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *