Agar Ruangan Sejuk dan Dingin, Begini Caranya!

Memasang AC standing dalam hunian memang dapat membantu mendinginkan ruangan sekaligus membuatnya sejuk. Namun, tak hanya AC, ruangan sejuk juga bisa kamu dapatkan dengan melakukan beberapa cara ini, loh. Apa saja? Langsung disimak pembahasannya di artikel berikut!

  1. Tambahkan tanaman

Selain dapat mempercantik hunian, kehadiran tanaman dapat membantu menyejukkan ruangan. Melansir dari rumah123.com, tanaman menghasilkan oksigen yang bagus untuk sirkulasi udara sekaligus membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Tak hanya itu, tanaman juga dapat menyerap racun sehingga hunian pun menjadi semakin sehat dan bebas dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Cara mendingingkan ruangan

Cara mendingingkan ruangan

  1. Taruh mangkuk berisi es di bawah kipas

Ruangan sejuk juga bisa didapat dengan menaruh mangkuk berisi air es di bawah kipas angin. Dijamin, dengan melakukan cara ini, maka membuat hunian pun menjadi semakin sejuk. Jika air es meleleh, tambahkan kembali es batu ke dalamnya agar ruangan tetap sejuk. So, mau ruangan sejuk? Taruh saja mangkuk berisi es batu di bawah kipas!

  1. Gunakan peralatan berbahan katun dalam hunian

Ada baiknya gunakan peralatan rumah tangga yang terbuat dari bahan katun. Alasannya karena katun dianggap ampuh dalam meredam cahaya matahari yang masuk melalui jendela hunian. Dengan begini, tentu hunianmu tak akan terasa panas lagi. Bukan cuma itu, bahan katun tersebut juga dapat menyerap keringat dengan baik. Nah, beberapa peralatan rumah tangga yang cocok menggunakan bahan katun tersebut seperti tirai, sarung bantal, pelapis sofa, selimut, dan lain sebagainya.

  1. Matikan peralatan elektronik yang dapat menghasilkan panas berlebih

Suka menyalakan peralatan elektonik padahal tidak dipakai? Jika ya, mulai dari sekarang cobalah untuk tidak lagi melakukan kesalahan tersebut. Kenapa? Ya, selain membuang listrik, menyalakan peralatan elektronik hanya akan membuat udara di dalam hunian menjadi lebih panas. Untuk itulah, matikan peralatan jika tidak digunakan agar ruangan lebih sejuk sekaligus menghemat listrik.

Selain melakukan beberapa hal di atas, kamu juga bisa melakukan ini, di antaranya adalah:

  • Jangan membuka jendela hunian khususnya ketika AC sedang menyala.
  • Jika hunianmu tidak ada AC maka memasang Exhaust Fan adalah pilihan yang tepat.
  • Aplikasi cat eksterior yang dapat meredam panas atau anti panas.
  • dan lain sebagainya.

Bagaimana? Sangat mudah sekali ya ternyata menciptakan ruangan yang sejuk dan dingin? –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *