Ini Caranya Agar Kredit Mobil Tidak Memberatkan

Membeli barang dengan cara kredit menjadi pilihan masyarakat saat ini karena pembayarannya yang dirasa meringankan. Anda tidak perlu membayar secara penuh barang yang dibeli, tetapi dibayar secara cicil sesuai dengan kemampuan Anda. Biasanya, fasilitas kredit ini diminati untuk pembelian barang dengan harga yang mahal, misalnya saja kredit mobil Mitsubishi yang harga satu buah mobilnya mencapai ratusan juta rupiah atau bahkan lebih.

tips kredit mobil

tips kredit mobil

Jika dilihat secara sepintas, pembelian mobil secara kredit terasa menguntungkan karena tidak memberatkan. Namun berhati-hatilah, sebab terkadang sistem kredit justru menyebabkan munculnya masalah pada keuangan Anda di kemudian hari. Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut ini adalah beberapa cara agar kredit mobil tidak memberatkan:

  • Analisa keuangan

Sebelum Anda memutuskan untuk mengambil kredit atas sebuah mobil, lakukan analisa pada keuangan Anda terlebih dahulu. Setidaknya lakukan analisa dari kondisi keuangan Anda selama 3 bulan ke belakang. Cobalah mendata pengeluaran dan juga pemasukan selama rentang waktu tersebut. Setelah itu, pisahkan pengeluaran primer, sekunder, dan juga tersier Anda. Saat melakukan pencatatan, pastikan Anda mengategorikannya secara tepat.

Dari hasil catatan tersebut, Anda bisa menentukan apakah nantinya Anda masih memiliki sisa dana untuk digunakan membayar cicilan kredit mobil atau tidak. Jika ternyata pengeluaran primer Anda sudah melebihi dari 50% penghasilan Anda, maka ada baiknya jika Anda menunda terlebih dahulu rencana pembelian mobil. Sebab meskipun pengeluaran tersier dan sekunder bukan hal yang wajib, tetapi Anda tetap harus menyediakan dana cadangan untuk hal tersebut, termasuk untuk pengeluaran tak terduga.

  • Simulasi kredit

Jika dari hasil analisa Anda ternyata dana yang dimiliki masih cukup untuk mengajukan kredit, maka cobalah lakukan simulasi kredit dari mobil impian Anda. Tidak perlu repot menghitung sendiri atau pergi ke mana-mana untuk mendapatkan perhitungan simulasi kredit ini, karena saat ini sudah banyak website penyedia kredit yang menyediakannya. Sejumlah manfaat simulasi sebelum pengajuan kredit pun bisa Anda dapatkan melalui proses ini. Anda hanya perlu memasukkan nominal harga mobil, DP yang akan dibayarkan, dan tenor pinjaman. Setelah itu Anda akan mendapatkan perkiraan cicilan yang harus dibayarkan per bulannya. Meskipun bukan angka pasti, setidaknya angka ini akan membantu Anda membuat keputusan dalam menentukan harga mobil yang mampu Anda beli.

  • Berhemat

Saat memasuki masa cicilan, artinya akan ada tambahan pengeluaran primer yang masuk dalam catatan keuangan Anda. Jika pendapatan Anda terbatas atau memiliki nominal tetap, ada baiknya jika Anda mulai berhemat. Dari daftar pengeluaran sekunder dan tersier, cobalah untuk menyoret beberapa pengeluaran yang menurut Anda tidak penting dan bisa dihilangkan. Dengan begitu Anda akan memiliki cadangan dana lebih besar untuk membayar cicilan mobil dan mungkin saja, Anda bisa melunasinya lebih cepat dari tenor yang diajukan.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah, manfaatkanlah mobil yang dibeli untuk menambah penghasilan Anda. Misalnya dengan menyewakannya, menjadi driver online, atau menunjang usaha Anda. Dengan meningkatnya penghasilan Anda, maka cicilan mobil tidak akan terasa memberatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *