Begini Caranya Agar Bak Cuci Piring Terlihat Seperti Baru Lagi

Bak cuci piring merupakan salah satu hal di dapur yang paling sering digunakan. Tak heran deh jika permukaan baknya terlihat kusam dan juga kotor. Sayang kan, kalau dapur sudah dilengkapi dengan bay window, jendela timbul yang unik dan artistik tapi bak cuci piring terlihat kotor dan kusam? Sudah membersihkan beberapa kali tapi rasanya tidak mempan karena permukaan bak cuci tetap kusam? Well, jangan putus asa, jika kusen upvc saja bisa diakali agar tetap terlihat baru, begitu juga dengan bak cuci piring. Nah, kalau bak cuci piring di rumah sudah terlihat kusam, coba lakukan beberapa hal ini agar kembali bersih seperti baru!

Merawat bak cuci piring

Merawat bak cuci piring

  1. Manfaatkan tepung terigu. Jika bak cuci piring di rumah terbuat dari stainless steel, maka cobalah untuk membersihkannya dengan tepung terigu. Caranya pun mudah: pertama, sikat seluruh permukaan bak cuci piring hingga bersih. Lalu sumbat saluran airnya, isi bak cuci piring dengan air, lalu tuang tepung ke dalamnya. Jika memungkinkan, gosok tepung ke semua permukaan bak. Diamkan selama beberapa saat, lalu buka saluran air, dan bersihkan bak secara menyeluruh.
  2. Manfaatkan baking soda dan lemon. Selain dengan tepung terigu, Anda juga bisa membersihkan bak cuci piring dengan menggunakan baking soda dan lemon. Baking soda dapat menghilangkan noda bandel di bak cuci piring serta mengembalikan kilapnya. Untuk cara penerapannya adalah sebagai berikut: pertama siram permukaan bak dengan air panas. Kedua, balurkan baking soda ke seluruh permukaan bak hingga merata. Gosok di bagian yang memiliki noda membandel. Setelah selesai, peras lemon ke dalam air lalu bersihkan bekas baking soda dengan menggunakan campuran air tersebut. Jika sudah, keringkan dengan lap bersih. Dijamin, bak cuci piring akan terlihat lebih mengilap.
  3. Manfaatkan garam dan cuka. Untuk bak cuci piring yang terbuat dari keramik, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan garam dan cuka. Buatlah larutan cuka yang diberi taburan garam, lalu siramkan di permukaan bak cuci piring. Jika ada noda yang membandel, bubuhkan garam di atasnya, diamkan selama beberapa saat, sikat sedikit, lalu bilas dengan air.

Itu dia beberapa cara sederhana yang bisa dicoba untuk membersihkan bak cuci piring agar terlihat seperti baru lagi. Tertarik untuk mencobanya di rumah? Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *