Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Kopi?

Bagi Anda pecinta kopi, pasti merasa tidak lengkap jika tidak menikmati secangkir kopi dalam satu hari. Namun bagi Anda yang mulai merasakan tanda-tanda hamil muda, pasti mulai merasa takut kebiasaan ini akan berdampak buruk. Apalagi kopi tidak termasuk ke dalam makanan sehat untuk ibu hamil muda. Selain itu, banyak juga orangtua yang akan mengingatkan anaknya yang tengah hamil mengenai bahaya mengonsumsi kopi saat hamil.

Akan tetapi, apakah benar minum kopi saat hamil memang berbahaya?

Ibu hamil mengonsumsi kopi

Ibu hamil mengonsumsi kopi cr:google

Sebenarnya, Anda masih diijinkan untuk mengonsumsi kopi saat hamil selama masih dalam batas yang wajar. Hal ini dikarenakan kandungan kafein pada kopi yang dapat memberi efek negatif pada ibu hamil jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Batas maksimal kafein yang aman dikonsumsi adalah 200mg atau setara dengan 2 cangkir kopi. Namun kadar itu adalah batas maksimal secara keseluruhan. Artinya jika Anda tidak hanya mengonsumsi kopi saja tetapi juga makanan atau minuman lain yang mengandung kafein, maka sebaiknya berpikir ulang untuk mengonsumsi kopi.

Untuk membantu Anda menentukan masih bolehkah Anda mengonsumsi kopi, berikut ini adalah jumlah kafein yang terdapat dalam makanan dan minuman secara umum (source: alodokter):

  1. Secangkir Kopi seduh (60-200 mg)
  2. Secangkir Kopi saring (140 mg)
  3. Secangkir Kopi instant (100 mg)
  4. Secangkir the (75 mg)
  5. Sebotol Soda (40 mg)
  6. 50gram cokelat (25-50 mg)

Konsumsi kafein yang berlebih pada umumnya akan membuat seseorang mengalami insomnia, jantung yang berdetak kencang, cemas, gangguan pencernaan dan tremor. Namun, pada ibu hamil dampak yang ditimbulkan tidak hanya yang telah disebutkan saja, tetapi juga beberapa efek lain berikut ini:

  • Bayi lahir dengan berat badan rendah
  • Ibu hamil mengalami refluks asam lambung dan nyeri ulu hati
  • Anemia
  • Keguguran janin
  • Bayi meninggal saat dilahirkan

Dampaknya sangat mengerikan, bukan? Jadi pastikan untuk membatasi konsumsi kopi selama kehamilan. Akan lebih aman jika Anda menghindari konsumsi kopi selama masa kehamilan. Apalagi jika Anda termasuk orang yang tidak terlalu peduli dengan kandungan yang ada dalam makanan Anda. Jadi Anda tidak akan mengalami kelebihan kafein. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *