Beli Pakaian untuk Anak? Perhatikan Beberapa Hal Ini

Setelah selama sembilan bulan lamanya memenuhi nutrisi ibu hamil dan menjaga kandungan, ketika si kecil lahir maka kalian para ibu sudah siap untuk menyambut kehadirannya dengan berbagai hal. Salah satunya adalah pakaian yang akan digunakan oleh anak. Nah, sebelum mulai membeli pakaian untuk anak, coba perhatikan beberapa hal ini yuk agar tidak salah beli!

Tips beli pakaian untuk anak

Tips beli pakaian untuk anak

  1. Cek ukuran. Satu hal paling penting yang harus diperhatikan saat hendak membeli pakaian untuk anak adalah mengetahui ukuran yang tepat. Jangan sampai kita salah ukuran hanya karena kita mengira-ngira dan tidak membuat pengukuran yang tepat. Hindari memilih pakaian yang terlalu sempit atau terlalu besar karena anak akan merasa tidak nyaman saat memakainya.
  2. Bahan yang digunakan. Nah, setelah mengetahui ukuran yang tepat, maka yang selanjutnya harus diperhatikan adalah bahan pembuat pakaiannya. Pakaian untuk anak biasanya memiliki kain yang berbeda dengan pakaian orang dewasa. Pilih kain yang lembut dan tidak membuat gatal pada kulit. Tidak hanya itu, pastikan juga bahwa kain yang digunakan bisa menyerap keringat dengan baik.
  3. Hindari pakaian dengan label menempel di kerah atau area leher. Banyak pakaian yang menempatkan label mereka di area kerah atau leher. Nah, sebaiknya hindarilah pakaian yang seperti ini karena itu bisa menimbulkan alergi dan gatal pada anak. Sekarang ini, banyak sekali kok pakaian untuk anak yang tak lagi menyertakan label di area leher. Mereka menempatkan label di bagian belakang yang tak berhubungan langsung dengan kulit atau menjahitnya di pakaian bagian depan bawah.
  4. Sederhana. Tidak perlu memilih pakaian anak yang bermodel rumit atau memiliki banyak kancing berlebih. Mengapa? Sebab anak banyak bergerak dan dikhawatirkan banyaknya ornamen justru akan melukai dirinya dan membuat tidak nyaman. Selain itu pakaian yang rumit juga akan membuat anak sulit mendapatkan pertolongan pertama saat keracunan makanan. Memang kita tidak berharap hal ini terjadi, namun yang namanya anak-anak terkadang tidak peduli pada kebersihan makanan yang dikonsumsinya. Pilihlah pakaian bermodel sederhana yang mudah dilepas atau dipasang dan membuat anak bebas bergerak.
  5. Jangan belanja berlebihan. Nah, ini dia yang sering menjadi masalah bagi para orangtua. Keinginan untuk mendandani anak sangat besar sehingga seringkali belanja pakaian secara berlebihan. Belilah baju secukupnya dan ingat bahwa pertumbuhan anak sangat pesat. Mereka tidak akan selamanya menggunakan pakaian tersebut sehingga akan lebih bijak untuk mengalihkan dana pakaian ke area lain yang lebih penting.

Itu dia beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membeli pakaian anak bagi para first timer. Semoga membantu dan jangan lupa untuk bijak dalam berbelanja, ya! (TR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *