Beli Buku Online atau ke Toko Buku?

Semakin banyaknya masyarakat yang bergantung pada teknologi internet cepat, membuat mereka lebih memilih berselancar di dunia maya untuk mencari berbagai kebutuhannya. Tidak hanya untuk keperluan terkait fashion saja, tetapi juga berbagai barang lainnya. Buku, adalah salah satu barang yang mulai banyak dibeli secara online daripada secara langsung di toko buku. Bahkan, agar tidak kehilangan pelanggannya, beberapa toko buku besar dan terkenal memberikan fasilitas penjualan secara online untuk memudahkan pelanggannya berbelanja.

Meskipun begitu, ternyata masih banyak juga loh yang tetap memilih untuk pergi ke toko buku. Kenapa bisa begitu ya? Apa sih perbedaannya membeli buku secara online dan di toko buku? Berikut ini pembahasannya.

Beli buku di toko buku atau online

Beli buku di toko buku atau online

Sama seperti pembelian barang lainnya secara online, pembelian buku secara online ini juga bisa kita lakukan dimanapun. Cukup dengan memanfaatkan jaringan internet pada gadget kita dan membuka situs toko buku online langganan kita. Tidak hanya cara belanjanya yang praktis saja sehingga  membuat masyarakat tertarik membeli buku secara online, tetapi juga karena harga yang ditawarkan pada toko buku online ini terbilang cukup rendah. Bahkan, jika sedang ada promo, diskon yang ditawarkan bisa sangat tinggi. Akibatnya, harga jual buku ini menjadi sangat rendah.

Selain itu, biaya lain yang kita keluarkan untuk membeli buku secara online ini hanyalah ongkir (ongkos kirim) dari gudang toko ke alamat rumah kita. Namun, karena diskon yang kita dapatkan dari harga buku, biaya ini bukanlah sebuah masalah. Apalagi, jika alamat kita berada di kota yang sama dengan gudang toko. Sementara, jika kita membeli buku ke toko buku pasti akan ada banyak biaya lain yang harus kita keluarkan. Misalnya saja biaya transportasi (kendaraan umum atau parkir), dan biaya makan jika kita melewatkan waktu makan siang di mall. Belum lagi, jika kita tiba-tiba tertarik untuk membeli barang lain saat sedang berjalan-jalan.

Namun, bukan berarti belanjan buku di toko buku tidak memiliki kelebihan. Jika kita adalah orang yang ingin serba cepat dan tidak suka menunggu, membeli buku langsung di toko buku tentulah pilihan yang tepat. Karena, kita akan bisa langsung membaca buku yang kita beli dihari yang sama saat kita membelinya. Sementara, jika kita membeli secara online kita harus menunggu hingga buku yang kita beli sampai. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *