Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan dalam Freezer

Menyimpan bahan makanan di tengah pandemi seperti sekarang ini memang menjadi satu hal yang wajar. Hanya saja, agar bahan makanan Anda bisa tetap awet selama beberapa hari ke depan, memahami cara penyimpanannya wajib dilakukan. Ada beberapa bahan makanan yang disarankan untuk disimpan di kulkas dan ada pula yang tidak boleh disimpan dalam freezer.

Jangan simpan dalam freezer

Mengutip The Daily Meal, berikut daftar makanan sebaiknya tidak dibekukan dalam freezer:

  1. Produk berbasis krim

 Makanan dan minuman berbasis krim sebaiknya tidak disimpan dalam freezer. Pasalnya, produk dengan jenis ini tak bisa membeku dengan baik dan akan mengubah teksturnya. Contohnya saja krim keju dan yoghurt; saat disimpan dalam freezer, makanan ini akan kehilangan tekstur kentalnya. Untuk itu, produk berbasis krim atau susu lebih baik disimpan di kulkas selama 1-3 minggu.

menyimpan makanan dalam freezer

menyimpan makanan dalam freezer

  1. Sayuran hijau

Membekukan sayuran dalam freezer tak akan membuatnya awet. Yang ada justru sebaliknya: sayuran akan lebih cepat layu dan tidak bertahan lama. Lebih baik menyimpan sayuran dalam boks lalu taruh di rak pendingin biasa pada kulkas.

  1. Semangka

Mungkin terlintas di benak Anda jika semangka yang disimpan di freezer akan membeku dan menghadirkan sensasi dingin serta mampu menghilangkan dahaga. Namun demikian, hal ini tidak benar. Bukannya membeku, semangka yang disimpan dalam freezer justru akan menjadi lembek dan tidak nikmat dikonsumsi.

  1. Kentang

Jika Anda menyetok kentang, entah itu kentang yang sudah dikupas atau dalam bentuk french fries, sebaiknya hindari untuk menyimpannya di dalam freezer. Pasalnya, kentang mengandung air dalam jumlah yang cukup banyak sehingga saat dibekukan kentang akan memiliki tekstur yang lembek dan berlendir.

  1. Keju

Menyimpan keju di freezer memang bisa membuatnya lebih awet. Beberapa keju seperti cheddar, Swiss, dan juga parmesan, bahkan tahan hingga enam bulan saat dibekukan. Hanya saja, Anda juga harus siap dengan konsekuensinya: perubahan kualitas, rasa, dan juga teksturnya.

Lima bahan makanan di atas sebaiknya disimpan dalam kulkas dan tidak di dalam freezer. Sebab jika tidak, maka kualitas dan teksturnya bisa berubah. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *