Alternatif Jenis Minyak yang Sehat untuk Memasak

Banyak orang mengatakan, makanan yang digoreng tidak sehat dan berbahaya bagi kesehatan kita. Pendapat ini tidak salah, dengan catatan jika makanan tersebut digoreng dengan minyak goreng biasa yang tinggi kadar lemak jenuh. Lemak jenuh dalam minyak goreng berpotensi untuk meningkatkan kadar kolesterol dan resiko peyakit jantung. Apalagi jika digunakan berulang kali tanpa mengganti minyak, efeknya tentu sangat berbahaya bagi kesehatan.

alternatif minyak sehat

alternatif minyak sehat

Namun jika makanan tersebut digoreng atau ditumis dengan minyak yang lebih sehat, tentunya resiko tersebut dapat dihindari. Sekarang ini, sudah banyak alternatif berbagai minyak untuk memasak yang lebih sehat. Sebagai contoh minyak zaitun. Sekarang mencari tempat jual minyak zaitun tidaklah sulit, sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak mengganti minyak goreng biasa dengan minyak yang lebih sehat. Berikut beberapa miyak sehat yang dapat dijadikan alternatif :

  1. Minyak zaitun. Amankah masak dengan menggunakan minyak zaitun? Well, tidak bisa disangkal, minyak zaitun memang menjadi jenis minyak yang banyak digunakan untuk memasak. Minyak ini juga lebih sehat dibanding jenis minyak lainnya sehingga tak heran jika minyak zaitun seringkali digunakan untuk mengolah makanan diet dan menjadi pilihan bagi mereka yang peduli dengan kesehatan. Minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang cukup tinggi serta kaya akan polifenol. Bagi kalian yang belum tahu, polifenol adalah antioksidan yang bagus untuk tubuh kita. Akan tetapi sebelum menggunakan minyak zaitun untuk memasak, ada baiknya pahami dulu bahwa tak semua jenis minyak zaitun bisa digunakan untuk memasak. Sebab ada minyak zaitun yang bisa digunakan untuk menggoreng dan ada yang bisa digunakan sebagai salad dressing Pahami dulu, ya!
  2. Minyak biji anggur. Meski jarang digunakan oleh masyarakat luas, ternyata minyak biji anggur ini menjadi favorit para koki, lho. Pasalnya, minyak biji anggur tidak akan merusak cita rasa masakan secara keseluruhan karena rasanya yang bland dan nyaris ringan. Minyak ini juga mengandung lemak tak jenuh ganda dan antioksidan yang cukup tinggi. Sama halnya seperti minyak zaitun, minyak biji anggur juga tak hanya bisa digunakan untuk menggoreng saja tetapi juga bisa digunakan sebagai dressing untuk salad.
  3. Minyak kanola. Untuk kalian yang sedang menjaga pola makan serta menjalani diet sehat, minyak kanola cocok untuk dijadikan pilihan. Pasalnya, minyak kanola memiliki kandungan lemak jenuh terendah dengan detail lemak tak jenuh tunggal sebesar 62% seta lemak tak jenuh ganda sebesar 32%. Tidak hanya itu, minyak kanola juga mampu menurunkan kadar total kolesterol darah dan kadar LDL yang berkhasiat menurunkan risiko penyakit jantung.
  4. Minyak Biji Bunga Matahari. Dikenal dengan sebutan Sunflower Oil. Minyak jenis ini memiliki banyak kandungan nutrisi baik yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu khasiatnya adalah untuk mecegah kanker. Terkadang banyak orang tidak menyadari tentang tanda-tanda dari penyakit kanker yang mematikan dan baru mengetahui ketika kondisinya sudah ganas. Untuk itu, dalam upaya mengurangi resiko terkena kanker, disarankan untuk dapat mengkonsumsi minyak biji bunga matahari (Sunflower Oil) dan tetap menjaga pola hidup sehat. Kandungan Vitamin E dalam sunflower oil dipercaya dapat menjadi antioksidan alami yang bisa menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Itu dia beberapa minyak yang bisa kalian gunakan sebagai alternatif untuk memasak. Dengan demikian, makanan yang dihasilkan pun lebih sehat dan juga aman dikonsumsi tubuh. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *