Hindari Ini Agar Mual saat Hamil Tidak Makin Parah

Mual memang merupakan hal yang wajar dirasakan ibu hamil. Meski ada pula beberapa ibu hamil yang tidak mengalami mual muntah saat hamil, ada pula ibu yang harus mengalami kehamilan dengan fase mual muntah yang hebat. Tentunya hal ini mendorong Ibu untuk mencari berbagai cara mengatasi mual saat hamil. Menurut situs alodokter.com, ibu hamil yang tidak merasakan mual hanya ada kurang dari 20 persen. Jadi, tentunya para ibu hamil perlu tahu apa saja yang bisa menyebabkan rasa mual dan bagaimana caranya agar mual tidak semakin parah.

Apa yang Memicu Rasa Mual?

Menurut situs alodokter, mual saat hamil bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yang pertama bisa disebabkan oleh produksi hormon yang meningkat. Saat hamil, tubuh Anda akan memproduksi hormon HCG (human chorionic gonadotropin) dan juga memproduksi hormon estorgen lebih banyak sehingga bisa membuat tubuh merasa mual.

Mual saat hamil

Mual saat hamil

Selain hormon, saat hamil indera penciuman sang ibu akan semakin peka, sehingga agak sensitif terhadap bau tertentu.  Mual juga bisa disebabkan saat ibu merasa stres dan mengalami gangguan kesehatan tertentu. Karena itu, saat hamil lebih baik Anda menjauhi beberapa hal ini agar mual tidak semakin parah.

Cara Mengatasi Mual Agar Tidak Semakin Parah

  1. Jangan Mengonsumsi Makanan yang Berbau Menyengat

Seperti yang telah dijelaskan, mual bisa disebabkan oleh indera penciuman ibu hami yang semakin sensitif. Karenanya, agar mual tidak semakin parah hindarilah makanan berbau menyengat, seperti duren, nangka, dan lain-lain.

  1. Jangan Memakai Pakaian Ketat

Memakai pakaian ketat akan membuat Anda tidak nyaman dan gelisah, apalagi jika pinggang dan perut Anda meras tertekan karena pakaian. Hal ini bisa menyebabkan Anda akan mengalami mual yang lebih parah.

  1. Jangan Langsung Tidur Setelah Makan

Bahkan tidak hanya untuk ibu hamil, tidur setelah makan bisa menyebabkan asam lambung naik dan tubuh merasa mual. Jadi usahakan untuk makan beberapa jam sebelum tidur.

  1. Jangan Terlalu Lelah dan Stres

Tubuh yang terlalu lelah juga bisa menyebabkan Anda merasa mual, apalagi jika Anda sampai kurang tidur. Selain itu, terlalu banyak pikiran juga bisa menimbulkan rasa mual yang lebih parah. Jadi pastikan Anda istirahat dengan cukup dan tidak overthinking.

Semoga Bermanfaat! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *