8 Hal Penting Pada Trimester Pertama Kehamilan

Masa 3 bulan pertama kehamilan atau trimester pertama disebut sebagai masa-masa paling penting bagi ibu hamil. Pada masa tersebut, tubuh ibu hamil masih menyesuaikan dengan keadaan barunya. Karena itulah, penting sekali untuk memenuhi nutrisi ibu hamil agar kehamilan bisa berjalan dengan mulus dan janin bisa berkembang dengan baik.

Berikut ini beberapa hal penting yang harus dilakukan oleh calon ibu pada masa trimester kehamilan pertama:

Masa trimester pertama kehamilan

Masa trimester pertama kehamilan

Mengunjungi dokter kandungan

Hal pertama yang harus dilakukan oleh calon ibu ketika mengetahui dirinya tengah hamil adalah mengunjungi dokter kandungan. Ini penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi kehamilan serta kesehatan calon ibu. Apabila ternyata terdapat masalah, hal itu bisa terdeteksi secara dini dan dapat dilakukan tindakan cepat untuk mengatasinya. Namun, perlu juga diingat, selalu pertimbangkan second opinion untuk hasil diagnosa dokter. Ini untuk menghindari tindakan salah karena salah diagnosa dan sebagainya. Anda bisa meminta rekomendasi dokter kandungan dari teman atau kerabat untuk mendapatkan layanan terbaik.

Penuhi kebutuhan asam folat dan nutrisi lainnya

Asam folat atau vitamin B9 merupakan salah satu nutrisi penting bagi ibu hamil yang berguna untuk melindungi janin dari masalah sumsum tulang belakang dan otak yang bisa terjadi dalam kandungan. Ibu hamil biasanya memerlukan 400 microgram (mcg) suplemen asam folat. Selain itu, ibu hamil juga butuh memenuhi 10 mcg asupan vitamin D setiap harinya. Untuk memenuhi kebutuhan ini, ibu hamil bisa mengonsumsi multivitamin khusus ibu hamil atau dengan mengonsumi pola makan yang sehat dan berimbang.

Teliti saat mengonsumsi obat-obatan

Selalu cek label pada obat-obatan sebelum Anda mengonsumsinya. Bisa jadi obat-obatan tersebut dapat membahayakan janin Anda. Lebih baik lagi bila Anda selalu lebih dulu berkonsultasi pada dokter kandungan Anda sebelum mengonsumsi obat-obatan atau suplemen.

Kurangi alkohol dan kafein

Sebaiknya hindari mengonsumi alkohol terutama pada masa trimester pertama. Selama 12 minggu pertama kehamilan, konsumsi alkohol diasiosikan dengan risiko keguguran yang lebih tinggi. Sementara untuk kopi, masih bisa dikonsumsi, namun sebaiknya batasi maksimal 200mg kafein setiap harinya, yakni sekitar 2 cangkir kopi instan atau 1 cangkir kopi giling. Ini karena, konsumsi kafein yang melebihi 200mg secara berkala juga dapat meningkatkan risiko keguguran.

Ketahui makanan apa yang bisa dikonsumsi dan mana yang harus dihindari

Mengonsumsi pola makan yang seimbang dan sehat, dapat membantu memenuhi semua kebutuhan nutrisi yang berguna untuk perkembangan bayi. Untuk itu Anda harus tahu makanan mana saja yang baik untuk dikonsumsi serta mana yang tidak baik dan sebaiknya dihindari selam amasa kehamilan. Makanan yang sebaiknya dihindari ini misalnya saja adalah makanan mentah, produk susu yang tidak disterilkan, serta produk makanan laut yang mengandung merkuri.

Kenali tanda bahaya pada kehamilan

Keram pada perut kerap terjadi ibu hamil. Ini biasanya terjadi karena pertu yang terus membesar seiring dengan pertumbuhan janin di dalamnya. Namun, keram perut bukanlah sesuatu yang bisa disepelekan. Segera hubungi dokter kandungan, terutama bila keram perut disertai dengan pendarahan atau bila keram terasa lebih dari biasanya.

Istirahat

Pada masa trimester pertama, tubuh ibu hamil sering merasa lelah dan ini merupakan hal yang wajar. Ini terjadi karena perubahan hormon yang cepat pada tubuh. Karena itulah, sebisa mungkin beristirahatlah yang cukup untuk mengembelikan stamina tubuh.

Selain hal di atas, ada hal yang tidak kalah penting untuk Ibu lakukan, yaitu mulai memilih pakaian sesuai trimester kehamilan. Pakaian yang tepat adalah pakaian yang akan membuat Ibu nyaman dan tetap merasa percaya diri saat perut mulai membesar. Dengan begitu, Ibu tidak akan mengalami stres akibat masalah perubahan penampilan yang terkadang dirasakan oleh ibu hamil. (Raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *