8 Film Tentang Penulis yang Wajib Ditonton (1)

Sebagai seorang penulis tentunya Anda mengalami lika-liku ketika menjalani profesi sebagai penulis. Entah itu, mengalami kebuntuan saat mencari ide, kesulitan mencari kalimat yang bagus untuk penulisan sebuah buku, berkecimpung dengan sejumlah tantangan, dan lainnya. Meskipun begitu, saat tulisan yang Anda buat diterima sangat baik oleh pembaca, maka bisa dipastikan Anda pun akan sangat bahagia sekali. Lika-liku ketika menjalani profesi sebagai seorang penulis ini pun, juga tergambar dari sejumlah film terbaik Indonesia maupun film Internasional, yang berhasil dibuat oleh sutradara ternama dari seluruh dunia.

Berikut beberapa film yang berhasil mengungkapkan dan menggambarkan seperti apa kehidupan seorang penulis. Yuks, disimak aja deh!

the_hours_poster

The Hours

The Hours

Film the Hours sendiri diangkat dari kisah nyata seorang penulis terkenal yang berasal dari Inggris, Virginia Woolf. Film ini dirilis pada tahun 2002 silam. Di dalam film ini, ada tiga orang wanita dari generasi yang berbeda saling terhubung melalui sebuah novel Mrs. Dalloway. Dimana, ada Virgininia Woolf, Clarissa Vaughan, dan Laura Brown. Dikisahkan, Virginia Woolf mengalami depresi saat menulis novelnya, Clarissa Vaughan tengah menyiapkan pesta untuk pengidap AIDS, dan Laura Brown yang tengah hamil dan tidak bahagia dengan pernikannya.

Finding Forrester

Finding Forrester merupakan salah satu film yang berasal dari negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Film yang sangat bagus ini dirilis pada tahun 2000 silam, yang mengangkat tema seorang penulis. Film ini bercerita tentang seorang remaja Amerika-Afrika yang bernama Jamal Wallace. Jamal Wallace ini sangat berkeinginan sekali menjadi seorang penulis, dan sebelum menjadi penulis yang baik dirinya harus melewati beberapa tantangan. Pada suatu kesempatan, dirinya bertemu dengan seorang penulis terkenal dan sudah lama menghilang. Ketika bertemu dengan penulis ini, barulah kemampuan jamal menulis semakin membaik.

 Letters to Juliet

Letters to Juliet adalah sebuah film komedi romantis yang tayang pada tahun 201. Film ini diangkat dari sebuah buku nonfiksi Letters to Juliet. Film yang memiliki judul yang sama antara buku dan film ini, bercerita tentang seorang Sophie yang bekerja sebagai penyelidik sebuah fakta di the New Yorker. Sophie yang bercita-cita menjadi seorang penulis, saat bekerja tiddak pernah diberi kesempatan untuk menulis. Namun, dengan semangat yang tinggi akhirnya Sophie berhasil membuat sebuah buku yang mengisahkan cinta sepasang kekasih yang sudah berusia 50 tahun.

Midnight in Paris

Midnight in Paris adalah salah satu film yang mengambil tempat syuting di Paris. Film ini berhasil tayang pada tahun 2011 lalu. Film komedi fantasi ini, bercerita tentang seorang penulis naskah yang memiliki kesempatan untuk kembali ke masa lalu. Saat kembali ke masa lalu ini, penulis tersebut bertemu dengan penulis terkenal seperti Marion Zelda Fitzgerald, Ernest Hemingway, Scott Fitzgerald.

Penasaran dengan film lain yang bercerita tentang penulis? Temukan 4 film lainnya di part-II artikel ini! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *