7 Tips Mudah untuk Hidup Sehat

Kesehatan merupakan aset paling penting dalam kehidupan. Buat apalah Anda memiliki uang banyak bila tidak memiliki kesehatan yang baik untuk menikmatinya. Di banyak kasus, kesehatan yang buruk bahkan juga dapat menghabiskan uang simpanan Anda. Itulah mengapa penting sekali untuk memiliki asuransi kesehatan yang dapat melindungi keuangan kita. Nam  un, bukan berarti dengan memiliki asuransi Anda lantas bisa hidup seenaknya tanpa memikirkan kesehatan Anda. Seperti kata pepatah “Lebih baik mencegah daripada mengobati”, akan lebih baik bila Anda dapat menghindari penyakit daripada harus menggunakan asuransi kesehatan Anda untuk sesuatu yang bisa dicegah.

Menjalani gaya hidup yang sehat adalah cara yang bisa dilakukan agar kesehatan tetap terjaga. Berikut ini beberapa cara mudah untuk menerapkan dan membiasakannya:

  1. Penuhi asupan cairan dalam tubuh

Tujuh puluh persen atau sekitar 2/3 tubuh manusia terdiri dari cairan.  Cairan juga memiliki fungsi yang penting bagi tubuh, seperti sebagai pembawa nutrisi dalam tubuh, pengatur suhu tubuh, dan detoksi tubuh. Menjaga asupan air dalam tubuh sangat penting untuk menjaga vitalitas dan energi, serta mental. Minumlah setidaknya 8 gelas air sehari untuk memenuhi asupan tersebut. Salah satu cara untuk mengetahui apakah asupan cairan dalam tubuh Anda cukup atau tidak adalah dengan melihat warna air seni Anda. Bila warnanya terlihat pekat, bukan kuning pucat, mendandakan Anda kurang asupan air.

  1. Sempatkan berolah raga

Memang, kehidupan yang sibuk saat ini membuat waktu untuk berolah ada berkurang. Namun, Anda masih bisa memanfaatkan waktu yang sebentar itu untuk berolah raga. Misalnya saja dengan melakukan olahraga ringa, seperti  sit up atau yoga, di pagi hari sebelum berangkat ke kantor. Bisa juga nonton TV sambil jalan di tempat atau mengangkat dumbel.

  1. Makan sehat

Jaga asupan makanan Anda tetap sehat dan mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, hindarilah makan dalam keadaan terburu-buru atau dalam keadaan pikiran yang kacau. Makanlah dengan lebih lambat, nikmatilah makanan Anda dengan santai. Dengan begitu, Anda dapat mengunyah makanan Anda dengan lebih menyeluruh, yang akan sangat membantu proses pencernaan di dalam tubuh.

  1. Tidur cukup dan tidur siang

Waktu ideal tidur untuk orang dewasa adalah selama 7 jam. Kurang dari itu dapat berakibat pada meningkatnya hormon stress Anda, yang dapat membuat Anda mudah gemuk dan depresi. Jika depresi ini semakin parah, pada akhirnya Anda harus memberanikan diri berkonsultasi dengan psikiater untuk proses penyembuhannya. Sebab itulah, sempatkanlah untuk tidur siang di tengah-tengah kesibukan Anda setidaknya selama 20 menit.

  1. Kurangi asupan gula

Gula dan makanan manis lainny sebernarya tidak mengandung asupan nutrisi yang bermanfaat, bahkan konsumsi yang berlebihan justru dapat meningkatkan resiko obesitas, penyakit jantung, dan depresi. Bila Anda merasa ingin ngemil, sebaiknya pilihlah buah-buahan dan sayuran seperti apel, wortel dan kacang-kacangan sebagai ganti snack Anda.

  1. Gosok gigi

Kebiasaan sederhana ini kadang dianggap tidak penting. Padahal menyikat gigi tidak hanya baik bagi gigi Anda, namun juga dapat mencegah penyebaran bakteri yang berasal dari gusi menyebar dalam pembuluh darah, yang bisa berakibat pada infaksi dan penyakit jantung.

  1. Bagi waktu konsumsi vitamin

Agar tubuh mendapat asupan vitamin yang seimbang sepanjang hari, sebaiknya bagilah waktu konsumsi vitamin Anda pada pagi dan malam hari. Sebagai catatan, hindarilah mengonsumsi vitamin B pada malam hari, karena dapat mengganggu tidur Anda.

Itu tadi beberapa cara mudah untuk hidup sehat. Semoga membantu! (Raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *