7 Fakta Menarik tentang Film Harry Potter

Delapan film Harry Potter sudah dirilis dengan periode waktu yang cukup panjang. Dimulai dari Harry Potter and the Sorcerer’s Stone di tahun 2001 dan diakhiri dengan Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2 di tahun 2011, film ini telah menemani jutaan penggemarnya untuk tumbuh dan berkembang dengan dunia sihir ini. Dan sepanjang perjalanan tersebut, sudah tidak terhitung lagi berapa kali film-film Harry Potter ini diputar dalam tv kabel ataupun saluran tv nasional untuk menyambut liburan sekolah anak-anak.

Akan tetapi, terlepas dari seberapa sering kalian menonton film Harry Potter, apakah kalian tahu beberapa fakta menarik tentang film tersebut di bawah ini?

fakta-film-harry-potter

Fakta film Harry Potter

  1. Rowling terinspirasi untuk membuat nama-nama asrama di Hogwarts ketika berada di dalam pesawat. Ia mengaku bahwa nama-nama itu muncul di kepalanya ketika melihat airplane sick bag dan mulai menuliskannya di dalam buku catatannya.
  2. Pemeran Moaning Myrtle bukanlah remaja. Shirley Henderson, yang memerankan karakter Moaning Myrtle di Harry Potter and the Chamber of Secrets, berusia 37 tahun ketika filmnya tayang. Rowling kemudian menambahkan fakta bahwa Myrtle, yang bernama lengkap Myrtle Elizabeth Warren, adalah seorang Ravenclaw.
  3. Koneksi antara Harry Potter dan Star Wars. Komposer John Williams yang terkenal dengan Star Wars theme songs-nya, ternyata juga menggarap musik di dalam film Harry Potter. Jika kita dengarkan baik-baik, maka kita akan mendapati beberapa nada yang familiar. Salah satunya adalah musik yang digunakan ketika Harry dan juga Draco sedang berkompetisi di pertandingan Quidditch, ternyata juga terputar di Star Wars: Episode II – Attack of the Clones.
  4. Properti yang digunakan Daniel Radcliffe sejak awal syuting sangat banyak. Sepanjang proses syuting dari film pertama hingga film terakhir, Daniel telah menggunakan 160 pasang kacamata dan juga 60 hingga 70 tongkat kayu.
  5. Daniel Radcliffe, Emma Watson, dan juga Rupert Grint ternyata memiliki karakter yang sama dengan tokoh yang diperankannya. Alfonso Cuarón, sutradara dari film Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, pernah meminta tiga orang ini untuk menulis esai tentang karakter mereka di dalam film. Ketika hari pengumpulan, Daniel menulis esai satu halaman, Emma menulis esai sepanjang 16 halaman, dan Rupert malah tidak mengumpulkan esainya. Mengingatkan kita dengan Harry, Hermione, dan juga Ron di Harry Potter, kan?
  6. Cedric Diggory ternyata sudah muncul sebelum Harry Potter and the Goblet of Fire. Cedric ternyata pernah beradu cepat dengan Harry di Harry Potter and the Prisoner of Azkaban. Adegan ini tertulis di dalam novel, namun tidak secara spesifik diangkat di dalam film.
  7. Daniel Radcliffe harus training selama enam bulan penuh sebelum pengambilan adegan underwater di Harry Potter and the Goblet of Fire. Dan selama pengambilan gambar, ada banyak divers yang berjaga-jaga di sekitar Daniel untuk menjaganya tetap aman.

Tuh, ternyata ada banyak sekali hal-hal yang tidak kita ketahui soal fakta Harry Potter! Punya fun fact lain yang ingin ditambahkan dalam daftar ini? Coba tinggalkan pesan di kolom komentar, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *