6 Cara Jitu Mengatasi Writer’s Block

Jangan pikir kalau menulis itu merupakan hal yang mudah loh. Menulis yang dilakukan karena hobi untuk mengisi waktu luang memang menyenangkan, tapi kalau soal menulis karena tuntutan pekerjaan atau dikejar deadline, pasti akan datang masa saat penulis mengalami writer’s block. Writer’s block atau hambatan yang ditemukan penulis saat mencoba menuangkan ide ke dalam tulisan merupakan salah satu hal yang bisa membuat sang penulis merasa jenuh dan stres. Nah, kalau kamu bekerja sebagai penulis blog seo indonesia, penulis buku, atau semacamnya, tentunya kamu perlu tahu bagaimana cara jitu mengatasi writer’s block dengan melakukan hal-hal ini.

Mengatasi writer's block

Mengatasi writer’s block yang mengganggu

  1. Istirahat Sejenak

Mungkin writer’s block datang karena kamu sudah terlalu lelah memikirkan ide-ide kreatif. Beristirahatlah sejenak, coba pejamkan mata dan jauhkan hal-hal yang berkaitan dengan tulisanmu. Tidak perlu lama, 10 menit saja cukup kok! Saat bangun kamu akan merasa fresh dan siap menulis lagi.

  1. Move Your Body

Menggerakan tubuh akan membuat sirkulasi darahmu menjadi lancar sehingga otakpun akan lebih lancar untuk berpikir. Coba stretching atau lakukan dance yang menyenangkan.

  1. Minum Air Putih

Minum air putih juga akan memulihkan konsentrasimu lagi. Ide-ide untuk ditulis akan muncul kembali setelah kamu meneguk segelas air putih.

  1. Jangan Terlalu Perfeksionis

Terkadang writer’s block datang karena keraguan kamu untuk menulis apa yang ada dibenakmu kedalam kata-kata. Kamu terlalu takut tulisan yang kamu buat tidak terlalu menarik. Seperti apa yang dikatakan sastrawan Ernest Hemingway, “Write Drunk, Edit Sober”, tulis saja dulu apa yang ada dibenakmu, untuk masalah menarik atau tidaknya, kamu bisa perbaiki nanti.

  1. Brainstorming

Kalau kamu biasa menulis dengan diketik menggunakan laptop, cobalah menjauh terlebih dahulu dari laptop tersebut dan corat-coret ide yang ada dibenakmu diatas kertas.

  1. Cari Suasana Baru

Writer’s block tak jarang datang karena kamu bosan menulis dengan suasana yang itu-itu saja. Carilah tempat yang nyaman untuk menulis seperti kafe yang cozy atau taman terbuka.

Punya tips menghadapi writer’s block selain diatas? silahkan share! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *