5 Tips Sopan Menolak Tawaran MLM

Semua bidang usaha tentunya membutuhkan cara yang efektif untuk memasarkan dan menjual produk mereka, termasuk perusahaan asuransi. Apakah Anda pernah mendapatkan tawaran dari agen asuransi? Mungkin terkadang Anda akan dihubungi berkali-kali dan merasa terganggu karena Anda tidak tertarik untuk membeli produknya. Sama seperti ketika Anda ditawarkan produk oleh MLM. Sebenarnya Anda tidak tertarik untuk membelinya, namun karena mereka dengan gigih mempromosikannya, akhirnya Anda pun membeli produk tersebut.

tips menolak tawaran MLM

tips menolak tawaran MLM

Hal ini akan menguntungkan jika produk yang Anda beli pada akhirnya bermanfaat. Namun bagaimana jika tidak? Tentunya membeli produk tersebut hanya akan membuat Anda menyesal dan rugi. Lantas, bagaimana cara menolak tawaran ketika agen MLM sedang mencoba untuk menjual sesuatu kepada Anda? Berikut tipsnya.

  • Dengarkan

Sebelum menolak tawarannya mentah-mentah, lebih baik Anda mendengarkan penjelasan agen MLM terlebih dahulu. Meskipun dari awal sudah tidak berminat terhadap produknya, tetap saja Anda harus tetap mengutamakan etika saat berkomunikasi. Karena itu, jangan coba memotong pembicaraan secara kasar dan tetaplah dengarkan apa yang perlu ia sampaikan untuk menjual produk.

  • Suportif

Setelah mereka menanyakan apakah Anda tertarik untuk membeli produknya atau tidak, tolaklah dengan cara yang suportif. Katakan saja bahwa Anda menghargai usaha mereka dan produk yang dijual memang bagus tapi untuk sekarang Anda belum membutuhkannya.

  • To the Point

Jika memang Anda ingin berkata tidak, maka katakanlah dengan jelas dan jangan bertele-tele. Karena sungkan untuk menolak, biasanya beberapa orang akan menggunakan bahasa yang bertele-tele untuk menyampaikan penolakannya.

  • Jujur

Cara terbaik untuk menolak penawaran agen MLM tidak lain adalah dengan berkata jujur. Jika memang alasan utama Anda tidak membeli produk tersebut, maka katakanlah yang sebenarnya dan tak perlu malu.

  • Tolak Produknya bukan Agennya

Agen MLM biasnya akan sangat gigih menawarkan sebuah produk kepada Anda. Meskipun begitu, Anda harus tetap ingat kalau yang perlu Anda tolak adalah produknya bukan agennya. Jadi, janganlah terpancing emosi dan berkata hal yang tidak mengenakkan kepada mereka.

Namun, jika Anda sudah melakukan beberapa tips di atas namun agen tersebut masih saja bersikeras, Anda bisa sedikit lebih tegas saat menolaknya. Akan tetapi, usahakan jangan sampai menyakiti perasaan agen tersebut. (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *