5 Cara Sederhana Mengatur Keuangan

Merasa sulit menabung? Mungkin bukan pendapatan Anda yang kurang tetapi bisa jadi Anda kurang baik dalam mengatur keuangan. Mengatur keuangan tidak selalu harus memiliki tabungan, memiliki investasi seperti investasi saham, properti atau reksa dana syariah saja lho. Anda bisa juga mengatur keuangan mulai dari hal yang terkecil. Ingin tahu bagaimana cara cerdas mengatur keuangan? Ini dia tipsnya.

Mengatur Keuangan

Mengatur Keuangan

  1. Memiliki catatan keuangan. Sepele namun memberikan manfaat yang besar dalam mengatur keuangan. Yup, Anda hanya perlu mencatat semua pendapatan dan pengeluaran baik yang berjumlah kecil sekalipun. Catatan keuangan akan membantu Anda untuk mengulas bagaimana behavior keuangan Anda setiap bulannya. Sehingga di bulan-bulan berikutnya, Anda tahu mana pengeluaran yang bisa dihilangkan agar bisa lebih hemat. Jika membawa catatan dan pulpen kemanapun Anda berada terdengar merepotkan, Anda bisa mengunduh aplikasi pencatat keuangan di smartphone kok.
  2. Menabung di awal bulan. Ternyata menabung di awal bulan lebih efektif dibandingkan dengan menabung sisa keuangan kita setiap bulannya, lho. Biasanya jika menabung di akhir bulan, Anda akan lebih sulit untuk mengontrol pengeluaran sehingga tak jarang pada akhirnya tidak ada uang yang tersisihkan untuk ditabung.
  3. Buat tujuan dan target menabung. Agar bisa disiplin menabung juga dibutuhkan motivasi atau target. Tentukan untuk apa Anda menabung, apakah untuk perencanaan keuangan di masa depan, untuk liburan, atau untuk kesehatan. Setelah menentukan tujuan menabung, jangan lupa memasang target agar.
  4. Gunakan kartu kredit dengan bijak. Kartu kredit memang bisa memudahkan Anda untuk mendapatkan berbagai kebutuhan dengan lebih mudah. Namun, jika tidak digunakan secara bijak kartu kredit justru bisa menjadi beban keuangan Anda. Jadi, pertimbangkan lagi apa fasilitas yang diberikan kartu kredit dan jangan mudah tergiur membeli barang yang tidak terlalu diperlukan dengan kartu kredit.
  5. Berani berkata tidak. Terkadang ada beberapa orang yang sulit untuk menolak tawaran seperti tawaran untuk membuat kartu kredit, asuransi atau bahkan permintaan orang lain untuk berhutang. Jika kondisi keuangan Anda sekiranya tidak memungkinkan untuk membiayai pengeluaran tambahan seperti itu, jangan ragu untuk berkata tidak demi kenyamanan Anda sendiri.

Ternyata mengatur keuangan tidak sesulit yang Anda kira bukan? (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *