4 Tempat Terbaik untuk Melihat Aurora Australis

Nama Aurora Borealis tentunya sudah sering kita dengar, namun bagaimana dengan Aurora Australis? Aurora Australis adalah pameran cahaya alami Bumi yang terjadi karena partikel-partikel di atmosfer Bumi saling bertabrakan. Berbeda dengan Aurora Borealis yang terjadi di belahan bumi utara, Aurora Australis  yang juga diikenal dengan nama southern light (cahaya selatan), hanya dapat dilihat di bagian selatan Bumi, seperti di Australia, New Zealand, Antarctica, Chile, dan Argentina. Lalu, di mana sajakah tempat-tempat terbaik untuk melihat indahnya Aurora Australis ini?

Aurora Australis di Tasmania

Aurora Australis di Tasmania (PhilKitt/iStock)

Temukan jawabannya dalam artikel berikut, yuk!

  1. Bruny & Satellite Islands, Tasmania, Australia

Menurut situs Wanderlust, Pulau Tasmania—yang berada di selatan Australia—adalah spot terbaik untuk melihat Aurora Australis. Sebab, pulau dengan luas sekitar 68 ribu km2 ini berlokasi di lepas laut selatan atau Southern Ocean. Artinya, tak ada halauan dari daratan lain. Pulau Bruny dan Satellite, pulau-pulau kecil yang ada di kaki Pulau Tasmania, menawarkan lokasi terbaik secara geografis untuk mengobservasi southern light karena bebas polusi dan minim cahaya.

  1. Queenstown, New Zealand

Siapa sangka kita bisa melihat Aurora Australis dari salah satu kota terbesar sebuah negara? Ya, ternyata Queenstown menjadi salah satu tempat terbaik melihat southern light untuk wilayah New Zealand. Di sini, kita bisa melihat fenomena alam ini dengan kombinasi warna langit yang mengabur dari merah muda magenta menjadi hijau neon.

  1. Antarctica

Lokasi ini tentu tidak bisa diabaikan. Sama seperti northern light yang akan terlihat jelas di Lingkaran Arktik, Aurora Australis juga akan terlihat amat terang di Antarctica, wilayah paling selatan Bumi. Di sini, kita bisa melihat southern light dalam kombinasi warna merah muda, ungu, hijau yang menari-nari dengen epik di gelapnya malam. Gunung es dan pemandangan alam magis di Antarctica menambah keindahan melihat aurora di lokasi ini.

  1. Patagonia, Chile dan Argentina

Dua negara ini terletak di ujung selatan pulau America. Biarpun popularitasnya kalah dibandingkan ketiga lokasi di atas, namun Patagonia di dua negara ini bisa menampilkan cahaya Aurora Australis yang tak kalah indah juga.

Dikutip dari laman Wanderlust, kunci untuk menemukan aurora adalah: gelapnya langit dan atmosfer bebas polusi. Dengan demikian, waktu terbaik untuk mencari aurora adalah ketika musim dingin. Sebab, saat musim tersebut durasi malam akan lebih panjang dan gelapnya langit lebih pekat. Jadi, waktu terbaik untuk mencari Aurora Australis di kawasan Australia dan sekitarnya adalah antara bulan Mei sampai September. Tertarik untuk mengunjungi salah satu di antara keempat tempat di atas? (AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *