4 Tanda Handphone Terkena Virus

Pernah gak sih kamu merasa bila smartphone kamu mulai lemot, padahal aplikasi yang kamu gunakan bisa dihitung dengan jari alias cuma sedikit? Bila jawabannya ya, maka tidak menutup kemungkinan jika handphonemu terserang oleh virus yang mungkin didapatkan saat mengunduh sebuah aplikasi melalui Appstore menggunakan internet cepat di rumah maupun kantor. Meski, biasanya sering terabaikan, namun apabila masalah ini tidak sesegera mungkin diketahui tentu akan membuat handphone pintarmu semakin lemot parah.

Handphone terkena virus

Handphone terkena virus

Untuk itu, supaya kamu lebih peka bila handphonemu terserang virus, lebih baiknya ketahui beberapa tanda-tanda dan cara mudah untuk mengetahuinya. Simak langsung penjelasannya di bawah ini;

  1. Bermunculan berbagai iklan di laman yang salah. Jika iklan muncul pada saat kamu hendak memainkan game gratis tanpa kuota internet, maka hal ini masih terbilang wajar. Namun, tidak demikian dengan iklan yang muncul di laman yang salah semisal lockscreen, homescreen, dan aplikasi yang biasanya tidak memunculkan iklan. Ini tentu menjadi permasalahan yang cukup besar, sebab dapat membuat handphone bahkan informasi pribadimu di dalam handphone bisa dihack oleh para peretas. Selain itu, handphonemu pun akan mengalami kelemotan cukup parah.
  2. Baterai handphone cepat habis. Salah satu permasalahan yang biasanya sering dimunculkan oleh handphone apabila terserang virus ini adalah baterai handphone yang cepat habis. Padahal, baru saja diisi penuh dan digunakan tidak sampai dengan beberapa jam. Jika hal yang seperti ini sudah menimpa handphonemu, langsung saja membuka fitur settings kemudian ambil application dan lihat satu persatu apakah ada aplikasi yang mencurigakan yang sebenarnya tidak pernah kamu gunakan.
  3. Saat hendak menyalakan sekaligus restart handphone terbilang lama. Selain itu, untuk mengetahui handphone diserang virus bisa diketahui saat penyalaan sekaligus restart handphone memakan waktu lama. Namun, terkadang tidak hanya diserang virus, apabila RAM dan memori internalmu sedikit, bisa mengakibatkan lamanya waktu yang dipakai untuk menyalakan handphone. Akan tetapi, jika handphonemu memiliki RAM yang sangat besar, dapat dipastikan handphonemu terserang virus yang sangat berbahaya.
  4. Handphone semakin lemot tak karuan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwasanya handphone yang terkena virus akan mengalami kelemotan parah. Sehingga, apabila handphonemu sudah lemot, ada baiknya kamu hati-hati ya guys!

Itu sedikit ulasan mengenai cara mudah mengetahui handphone yang diserang virus. Semoga bisa membantu! (-SH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *