4 Cara Mudah Turunkan Kolesterol Secara Alami

Kolesterol tinggi menyimpan banyak bahaya bagi kesehatan. Salah satunya adanya dapat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung karena penyempitan pada pembuluh nadi. Karena itulah, penderita kolesterol tinggi akan berusaha dengan berbagai cara menurunkan kolesterol secara alami atau dengan obat-obatan dari dokter. Ya, ternyata kolesterol bisa diturunkan dengan cara alami dan tidak sulit!

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk secara alami menurunkan kadar kolesterol tinggi:

menurunkan kolesterol

menurunkan kolesterol

Menurunkan Berat Badan

Berdasarkan beragam penelitian, menurunkan berat badan, terutama bagi Anda yang over weight, setidaknya 5% hingga 10% dari berat awal ternyata memiliki banyak manfaat. Mulai dari tekanan darah yang membaik, menurunkan resiko diabetes, dan menurunkan kadar kolesterol. Untuk mennurunkan berat badan ini berarti Anda harus mengubah pola makan, atau mengganti asupan makanan. Misalnya saja dengan mengganti makanan manis dengan yang bebas gula dan lain sebagainya.

Kurangi lemak jahat

Tidak semua lemak berbahaya bagi tubuh, yang harus dihindari adalah lemak jahat yang dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL buruk dalam tubuh. Hindari dengan mengurangi makanan yang menjadi sumber atau mengandung lemak jenuh seperti mentega, goreng-gorengan, dan makanan ringan. Gantilah dengan makanan berlemak baik seperti susu rendah lemak atau yogurt untuk mengganti susu biasa. Bisa juga dengan mengonsumsi daging rendah lemak, ayam, ikan atau kacang-kacangan untuk menggantikan daging merah dengan kadar lemak tinggi.

Makan ikan dua kali seminggu

Berdasarkan penelitian, ikan merupakan makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol. Mengonsumsi daging ikan sebanyak 2 kali seminggu dapat menurunkan resiko penyakit jantung 30%. Lemak omega 3 dalam ikan dapat menurunkan triglycerides dan tekanan darah, yang dapat mencegah ritme jantung tidak beraturan. Bila Anda tidak bisa makan daging ikan, bisa ganti dengan minyak ikan yang dapat juga memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh.

Olahraga 30 menit setiap hari

Sediakan waktu setidaknya 30 menit setiap harinya untuk melakukan olahraga ringan. Ini dapat membantu menjaga berat badan yang pada akhirnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Itu tadi beberapa cara menurunkan kolesterol dengan cara alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Namun, jangan lupa untuk selalu melakukan konsultasi dengan dokter pribadi Anda untuk memonitor kadar kolesterol Anda. Semoga membantu. (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *