3P yang Harus Diperhatikan Saat Menentukan Lokasi Pemasangan CCTV

Anda mungkin sudah membeli IP camera rumah terbaik atau CCTV untuk kemudian diinstalasi di rumah Anda. Meski sudah meminta bantuan langsung kepada teknisi CCTV untuk memasangnya di rumah, Anda sebagai pemilik hunian pun harus tahu apa saja yang harus diperhatikan saat menentukan lokasi pemasangan CCTV. Sebab dengan begitu instalasi CCTV di rumah tidak sia-sia dan bisa membawa hasil yang maksimal.

Nah, saat menentukan lokasi pemasangan CCTV, setidaknya adalah tiga hal atau 3P yang harus diperhatikan, yakni:

  1. Pencahayaan

Mungkin Anda beranggapan bahwa memasang CCTV di tempat yang memiliki pencahayaan bagus justru bisa membuat tayangan yang tertangkap di kamera CCTV semakin jelas. Well, sebetulnya hal ini salah. Sebab pencahayaan yang bisa memengaruhi gambar CCTV justru berasal dari cahaya lampu di sekitar tempat titik kamera tersebut. Oleh sebab itu, pilihlah lokasi yang tak terlalu dekat dengan lampu karena pancaran sinarnya bisa membuat gambar yang dihasilkan tidak jelas.

  1. Penempatan

Selain pencahayaan, hal yang selanjutnya wajib diperhatikan adalah penempatan. Hindari menempatkan CCTV di lokasi yang terlalu rendah sehingga bisa dirusak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Pilih lokasi yang tinggi dan tidak terjangkau oleh tangan, serta tempatkan di area tersembunyi yang tak menarik perhatian mata. Jangan lupa untuk memasangnya di lokasi yang strategis dan bisa menjangkau ke seluruh ruang.

  1. Permukaan

Terakhir adalah permukaan. Pastikan permukaan dinding serta plafon yang akan dipasangi CCTV memiliki permukaan yang rata serta tidak terhalangi oleh apa pun. Usahakan tidak ada tembok, papan, atau apa pun yang sekiranya bisa membatasi jangkauan kamera CCTV yang hendak dipasang.

Tiga hal di atas merupakan hal esensial yang harus diperhatikan saat hendak memasang CCTV. Pastikan lokasi pemasangan yang dipilih sudah mencapai 3P di atas, ya. Diskusikan dengan teknisi yang memasang mengenai hal yang menjadi concern Anda sehingga lokasi pemasangan yang dipilih bisa sempurna nantinya. Pihak teknisi pun akan dengan senang hati membantu Anda.

Semoga membantu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *