Tingkatkan Minat Anak dalam Sains dengan 3 Tips Ini

Sains merupakan salah satu pelajaran atau ilmu yang pastinya akan dipelajari oleh anak di sekolah dengan guru-gurunya. Ilmu pengetahuan yang satu ini pastinya akan sangat berguna bagi si kecil di masa mendatang, apalagi jika Anda sudah melakukan persiapan untuk pendidikan anak, pasti Anda menginginkan yang terbaik untuknya. Namun tidak heran jika terkadang ada anak yang tidak menyukai ilmu pengetahuan yang satu ini karena dianggapnya cukup rumit dan penuh dengan teori. Belajar sains memang tidak mudah, maka dari itu ciptakanlah kesenangan saat mempelajarinya agar si kecil tidak merasa terbebani dengan kewajibannya membaca dari buku yang cukup tebal. Untuk mengetahui tips apa saja yang dapat Anda lakukan demi mendorong anak untuk menyukai sains, simak artikel ini lebih lanjut.

meningkat minat anak akan sains

meningkat minat anak akan sains

  1. Ciptakan kesenangan di luar sekolah

Bila di lingkungan luar sekolah ataupun rumah terdapat klub sains yang dapat mengajarkan anak hal-hal ilmiah dengan lebih praktis ataupun tanpa teori yang rumit, mungkin Anda dapat mendorongnya untuk aktif di klub tersebut. Karena dipercaya bahwa mempelajari sains dan ilmu pengetahuan yang lainnya di sekolah akan cukup membosankan dan memusingkan. Maka dari itu, gunakanlah alternatif ini agar anak tetap belajar namun dengan cara yang tidak membosankan. Namun, pastikan juga jika Anda tidak memaksanya.

  1. Menjelajah Bersama

Mengenal sains tidak selalu harus melalui buku ataupun video interaktif. Faktanya, Anda sebagai orang tua dapat berperan banyak dalam mengajarkan anak sains dengan mengajaknya untuk menjelajah dan menggali tentang hukum-hukum alam di taman depan rumah maupun belakang rumah. Luangkanlah waktu untuk mendampinginya dalam kegiatan ini untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan muncul darinya.

  1. Jalan-jalan ke museum atau kebun binatang

Jika Anda kehabisan ide akan lokasi untuk mengajak anak bermain dan hang out, jangan lupakan museum sains ataupun kebun binatang untuk menjadi salah satu destinasi Anda. Dengan mengunjungi museum sains, anak dapat belajar berbagai macam jenis tanaman dan hewan beserta evolusinya. Tidak hanya itu, kebun binatang juga bisa menjadi pilihan lain untuk mengetahui bentuk dan ciri-ciri dari setiap binatang di sekitarnya.

Itu dia beberapa tips mudah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan ketertarikan anak untuk mempelajari sains. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *