3 Tips Aman Berjemur di Pantai saat Liburan

Asuransi liburan terbaik dan tiket perjalanan sudah di tangan? Kalau begitu, saatnya membicarakan kegiatan seru yang akan kamu lakukan pada liburan musim panas ini. Rasanya liburan musim panas belum lengkap jika tidak berkunjung ke pantai, bukan? Selain angin sepoi-sepoi dan pemandangan yang indah, di pantai kamu juga bisa merasakan hangatnya sinar matahari. Bahkan buat kamu yang ingin memiliki kulit kecoklatan yang eksotis, kamu bisa memanfaatkan sinar matahari untuk berjemur.

tips aman berjemur di pantai

tips aman berjemur di pantai

Memang berjemur di pantai biasanya lebih sering dilakukan oleh wisatawan asing yang memiliki kulit putih. Sedangkan kebanyakan orang Indonesia cenderung menghindari panas sinar matahari untuk mencegah kulit belang. Namun bukan berarti kamu tidak boleh berjemur, kulit gelap hasil berjemur akan memberikan kesan eksotis pada penampilanmu. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum berjemur. Alih-alih mendapat kulit eksotis, berjemur dengan cara yang salah justru dapat merusak kulitmu.

  • Aplikasikan sunscreen yang tepat. Semakin tinggi kandungan SPF pada sunscreen, maka semakin lama perlindungannya. Untuk kamu yang berkulit terang, SPF 30 atau 50 lebih dianjurkan untuk digunakan sebelum berjemur. Namun jangan hanya bergantung pada SPF saja, perhatikan juga label “broad spectrum” yang bisa melindungi secara lebih maksimal. Gunakan sunscreen sekitar setengah jam sebelum berjemur dan aplikasikan ulang setiap dua jam sekali untuk perlindungan dari efek buruk sinar matahari.
  • Perhatikan waktu berjemur. Waktu berjemur yang dianjurkan adalah pukul 7 hingga 10 pagi. Setelah itu, sinar matahari akan terasa lebih menyengat dan berpotensi untuk membakar kulitmu.
  • Jangan terlalu lama. Waktu berjemur yang paling lama adalah 3 jam. Namun, jika kulitmu cerah, sebaiknya waktu maksimal berjemur adalah 1 jam. Namun bukan berarti kamu bisa berjemur terus menerus tanpa jeda. Jika kulit sudah terasa hangat, maka carilah tempat berteduh karena kulitmu juga membutuhkan cooling down.

Kemudian setelah berjemur, jangan lupa gunakan gel after sunscreen atau body butter yang dapat mencegah kulit dari iritasi akibat sinar matahari. Oh iya, konsumsi juga vitamin C dan air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi dan menjaga kesehatan kulit. Happy holiday! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *