3 Menu Olahan Telur untuk Sarapan di Akhir Pekan

Bekerja penuh di rumah dari Senin sampai Jumat sejak awal pandemi barangkali buat kamu merasa jenuh berada di rumah terus. Pada akhirnya, kamu merindukan jalan-jalan atau makan-makan di restoran sewaktu akhir pekan. Tapi, situasi new normal yang belum kondusif betul juga buat kamu sedikit ragu untuk bepergian ke luar rumah. Jadinya, kamu ingin berkreasi di dapur kamu saat akhir pekan. Nah, berikut adalah ide menu olahan untuk sarapan di akhir pekan dengan bahan dasar telur. Simak, ya!

olahan poached egg

olahan poached egg

  1. Baked egg

Selain telur, bahan yang kamu butuhkan adalah roti bun atau roti tawar, irisan daging tipis (boleh smoked beef atau ham), kemangi untuk topping, garam, dan tomat. Kalau suka sayuran, kamu bisa tambahkan bayam bayi (baby spinach), tomat, juga jamur. Cara membuatnya ialah dengan memanggang roti bersama dengan telur mentah dan irisan daging yang sudah ditaburkan dengan beragam topping sesuai selera kamu. Kamu bisa gunakan oven ataupun teflon untuk membuat olahan ini, ya.

  1. Scrambled egg

Di Indonesia, olahan ini biasanya disebut dengan telur orak-arik. Untuk buat makanan ini, kamu perlu garam, mentega, dan bahan lain sesuai selera. Kamu bisa tambahkan kemangi atau rosemary sebagai campuran sajian ini. Cara buatnya cukup mengocok telur dengan bahan-bahan tersebut lalu menggorengnya dengan mentega atau sedikit minyak sayur di teflon. Sewaktu telur sudah setengah matang, kamu tinggal mengaduknya dengan sudip kayu hingga ia hancur. Kalau mau sarapan yang kenyang, kamu bisa tambahkan irisan daging seperti smoked beef atau ham pun daging ayam yang dipanggang dengan sedikit minyak, tomat buah segar, dan roti gandum. Pasti yummy, deh!

  1. Poached egg

Poach sebetulnya merupakan sebuah teknik memasak, yang hampir mirip dengan simmer juga boil—yang menggunakan didihan air. Bedanya, poached egg adalah hidangan telur yang dimasak dalam didihan air di luar cangkangnya. Yap, kamu perlu pecahkan telur, meletakkannya di mangkuk, lalu memasukkannya ke dalam didihan air yang sudah ditambahkan dengan sedikit cuka. Tingkat kematangan poached egg itu sesuai selera kamu, ya. Kalau kamu suka telur setengah matang, tidak usah tunggu sampai kuning telurnya matang untuk ditiriskan. Poached egg akan nikmat dinikmati dengan dua potong roti gandum, baby spinach, tomat buah segar, dan juga keju yang dilelehkan.

Itu dia 3 menu olahan telur untuk sarapan di akhir pekan. Adakah menu yang membuat kamu tertarik untuk mencobanya? Selamat memasak, ya! (AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *