3 Kredit Pinjaman Berdasarkan Pada Keperluannya

Tahukah Anda, jika meminjam uang langsung pada pihak pemberi pinjaman ataupun pinjaman online, ternyata terdapat beberapa tipe kredit pinjaman yang bisa diambil oleh para nasabahnya. Mulai dari; kredit berdasarkan jangka waktu, kredit berdasarkan pelunasan dana, kredit berdasarkan pada keperluan, kredit yang berdasarkan pada sifat penggunaan, dan masih banyak yang lainnya.

jenis pinjaman

jenis pinjaman, gambar: debt.org

Namun, yang akan dibahas kali ini adalah jenis kredit berdasarkan pada jenis keperluan yang dibutuhkan oleh nasabah. Ruang lingkup untuk kredit jenis ini lebih besar dibandingkan dengan kredit lainnya, karena berhubungan dengan perusahaan maupun sebuah lembaga.

Berikut ini merupakan pinjaman yang berdasarkan pada sifat keperluannya, hasil rangkuman melalui cermati.com.

  1. Kredit pembiayaan proyek. Jenis pembayaran pada kredit ini adalah dengan cara kredit pembiayaan proyek. Dimana, dana pinjaman dari kredit ini biasanya dipakai untuk membangun sebuah proyek baru, baik itu pihak pemerintah ataupun swasta. Selain itu, dana tersebut pun terkadang juga dialokasikan untuk menginvestasikan sejumlah dana pada bidang properti, bangunan, dan sebagainya.
  2. Kredit investasi. Untuk tipe ini, biasanya waktu pinjaman bersifat menengah atau bisa jangka panjang. Maksudnya, apabila Anda tiba-tiba ingin memberhentikan pinjaman, maka tinggal melunasi pinjaman yang sudah Anda pinjam. Namun, jika ingin terus meminjam uang, Anda pun akan terus mendapatkannya asalkan pembayaran yang Anda lakukan lancar. Biasanya, dana ini digunakan untuk menginvestasikan modal untuk sebuah perusahaan. Dan sering pula dipakai untuk ekspansi proyek maupun untuk membuat proyek baru.
  3. Kredit modal kerja. Apabila Anda ingin menambahkan modal untuk perusahaan, maka ambillah pinjaman dengan pembayaran kredit modal kerja. Sebab, ini memang diperuntukkan untuk perusahaan serta sebagai pemenuhan keperluan operasional dalam perusahaan itu sendiri. Dengan adanya pinjaman ini, maka tentu bisa sedikit membantu mengatasi masalah keuangan yang dialami oleh perusahaan tersebut.

Itulah penjelasan mengenai jenis kredit pinjaman berdasarkan pada keperluan yang ditubuhkan oleh nasabah. Bagaimana? Anda mau milih kredit yang mana, nih? Sedikit saran, pilihlah kredit yang memang sesuai dengan keperluan Anda, ini dilakukan untuk mengantisipasi agar nantinya tidak terjadi masalah di kemudian harinya. Semoga bermanfaat! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *