3 Kebiasaan Buruk Pengendara Motor yang Paling Bikin Jengkel

Percuma saja jika sudah merawat motor dengan oli samping Idemitsu agar performanya meningkat, tetapi saat berkendara masih sering melanggar peraturan dan tidak tertib. Semoga Anda bukan salah satu orang yang sering melakukan kebiasaan buruk saat berkendara, ya. Namun, setuju tidak kalau masih banyak pengendara motor, bahkan di perkotaan, yang sering terlihat melanggar peraturan dan mengganggu kenyamanan pengguna jalan lainnya? Nah, apa saja sih kebiasaan buruk yang masih sering terlihat di jalan raya? Coba simak contoh-contohnya di bawah ini!motor

  • Lampu merah, jalan terus

Sudah merupakan common knowledge kalau lampu merah tandanya kendaraan harus berhenti. Akan tetapi, masih banyak pengendara yang nekat menerobos lampu merah hanya karena jalanan sedang sepi. Padahal hal ini sangat berbahaya, baik bagi diri sendiri maupun bagi pengguna jalan lainnya. Apa pun alasan Anda, jangan sampai menerobos lampu merah ya!

  • Berhenti persis di atas garis zebra cross

Memang sih, dalam kasus ini pengendara tidak melanggar lampu merah. Namun demikian, berhenti persis di atas zebra cross tetap merupakan kebiasaan buruk yang sangat mengganggu pejalan kaki. Pejalan kaki jadi tidak memiliki jalan untuk menyebrang dan hal ini bisa membahayakan. Oleh sebab itu, saat di lampu merah, pastikan Anda berhenti di sebelum marka zebra cross.

  • Menghindari macet lewat trotoar

Kebiasaan berkendara ini juga tidak kalah menyebalkan dari berhenti di atas zebra cross. Untuk menghindari jalanan yang macet parah, biasanya pengendara motor sering mengambil jalan pintas dengan naik ke trotoar. Padahal, mereka harusnya tahu kalau trotoar dibuat khusus untuk akses pejalan kaki.

Struktur trotoar sendiri tidak sekuat jalan raya, sehingga jika motor naik ke atas trotoar, biasanya trotoar tersebut akan cepat rusak. Yang lebih menyebalkan lagi, saat melintas di trotoar pengendara motor cenderung lebih agresif dan justru menyuruh pejalan kaki untuk minggir. Padahal, pejalan kakilah yang berhak mengusir para pengendara motor tersebut.

Bagaimana, apakah Anda pernah melakukan kebiasaan buruk di atas? Kalau ya, jangan pernah mengulanginya lagi ya! Berkendaralah dengan tertib demi keselamatan dan kenyamanan semua pengguna jalan. (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *