3 Hal Kecil untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi si Kecil

Kesehatan si kecil adalah salah satu hal yang sangat amat penting untuk diperhatikan bagi setiap orang tua. Selain mengajarkan anak untuk bergerak dan berkembang secara fisik dengan berbagai macam cara seperti mengajaknya bermain ke tempat playground anak di Jakarta, kesehatan si kecil juga diukur dari pola makannya. Gizi anak sangat amat harus diperhatikan dan terpenuhi karena hal ini benar-benar berpengaruh untuk tumbuh kembangnya. Membiarkan anak memakan apa saja tanpa memikirkan nutrisi yang terkandung di dalamnya kerap kali dilakukan oleh beberapa orang tua. Namun, hal ini sangatlah tidak baik untuk kesehatan dan kebutuhan nutrisi anak. Nah, untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil, pastikanlah Anda sebagai orang tua untuk memperhatikan 3 hal kecil di bawah ini.

kebutuhan gizi anak

kebutuhan gizi anak

  1. Porsi makanan yang tepat

Masih banyak orang tua yang kerap kali bingung untuk menentukan porsi makan yang tepat untuk anak, bahkan membiarkan si anak memakan porsi yang besar dengan pemikiran semakin banyak makanan yang dimakan maka semakin baik untuk kesehatan anak. perlu diingat bahwa hal ini sangatlah tidak benar untuk dilakukan. Porsi makan untuk anak dari hasil menerka-nerka juga belum tepat. Porsi makan anak pastinya berbeda dengan porsi makan orang dewasa. Agar kebutuhan anak terpenuhi, Anda perlu memberikan makanan dengan nutrisi lengkap dalam jumlah yang kecil namun sering. Bagilah porsi makan anak sebanyak 5 porsi dengan pembagian 3 kali makan besar dan 2 kali makan kecil. Jangan lupa juga untuk memberikannya susu sebanyak 2 kali dalam sehari.

  1. Nutrisi yang lengkap

Gizi anak juga merupakan hal yang sangat amat harus diperhatikan karena dengan terpenuhinya gizi anak akan pertumbuhan si kecil akan terpengaruh dan menjadi lebih cepat. Si kecil sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan nutrisi lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak. vitamin, mineral dan serat dalam jumlah yang tepat.

  1. Batasi jumlah gula dan garam

Tidk hanya memenuhi nutrisi anak, Anda juga perlu mengurangi dan membatasi jumlah gula dan garam di dalam makanan si kecil. Kurangilah konsumsi garam untuk anak dan hindari pula pemanis buatan demi kesehatan si kecil di masa mendatang. Pemberian garam dan gula yang berlebihan untuk umurnya akan membuat kerja ginjalnya menjadi terlalu berat karena kemampuan ginjal anak pastinya berbeda dengan orang dewasa pada umumnya.

Itu dia tiga hal yang perlu Anda perhatikan saat memenuhi kebutuhan gizi si kecil. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *