3 Fakta Unik Kota Jayapura, Sudah Tahu?

Kota Jayapura merupakan ibu kota Provinsi Papua. Daerah permukiman dengan luas kurang dari 1.000 km persegi ini terletak di paling timur Indonesia. Biarpun eksistensinya mulai naik sejak dibukanya Danau Sentani sebagai objek wisata, masih banyak penduduk Indonesia yang belum tahu tentang informasi-informasi aktual terkait kota ini. Nah, sebelum kamu datang untuk menginap di hotel di Jayapura, yuk disimak dulu fakta unik kota ini!

Fakta Jayapura

Fakta Jayapura

  1. Tak ada larangan merokok, melainkan makan pinang.

Saat kamu tiba di Bandara Sentani, kamu akan menemukan peringatan larangan untuk makan pinang. Ya, tumbuhan hijau seperti kacang kenari—dan sirih—tidak boleh dikonsumsi di tempat-tempat umum. Pasalnya, penduduk asli Papua senang memakan pinang dan sirih untuk merawat kesehatan gigi mereka. Sayangnya, sisa kunyahan pinang dan sirih seringkali dilepeh di sembarang tempat. Untuk itulah, makan pinang dilarang di tempat-tempat umum.

  1. Tak ada kecamatan, melainkan distrik.

Kalau kamu penggemar Hunger Games, barangkali tak asing dengan istilah “distrik”. Ya, kata tersebut sebetulnya memiliki arti daerah bagian dari kabupaten. Jadi, kata distrik setara dengan kecamatan atau desa. Nah, begitu pulalah sebutan kecamatan atau desa di Kota Jayapura. Mengutip Tribun Travel, Kota Jayapura mempunyai sekitar 5 distrik, yakni Distrik Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura, Muara Tami, dan Heram.

  1. Punya pos lintas batas negara.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Kota Jayapura merupakan kota paling timur Indonesia. Hal ini sekaligus membuatnya memiliki pos lintas batas negara (PLBN). Berlokasi di Distrik Muara Tami, pos lintas batas negara di kota ini memisahkan Indonesia dengan Papua Nugini. Kalau sempat, kamu bisa berkunjung ke lokasi ini, lho. Tak perlu khawatir, sebab area tersebut memiliki sekitar 400 kios yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Siapa tahu, kamu bisa berfoto dengan menginjakkan kaki di dua negara. Hm, menarik, kan?

Itu dia 3 fakta unik Kota Jayapura. Nah jika kamu sudah berkeliling ke berbagai daerah di Indonesia, termasuk Kawah Biru yang merupakan tempat wisata baru Pekanbaru, tidak ada salahnya jika menjadikan Jayapura sebagai next destination. Semoga perjalanan liburan kamu menyenangkan, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *